UNTUK INDONESIA
Wishnutama Terangkan Protokol Kesehatan 4K Sektor Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menggarisbawahi, ada istilah 4K dalam protokol kesehatan saat pandemi corona.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama terangkan protokol kesehatan 4K di sektor pariwisata saat pandemi. (foto: istimewa)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menggarisbawahi, ada istilah kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan atau 4K yang harus diperhatikan pengunjung saat berwisata di tengah pandemi virus corona (Covid-19).  

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan 4K sangat penting dan harus diutamakan pelancong untuk mencegah penyebaran virus menular itu ke tengah masyarakat.

Protokol kebersihan, kesehatan dan keselamatan dari Kemenparekraf bikin semuanya tetap produktif tapi aman dari Covid-19, karena Indonesia Care.

"Dalam bahasa Inggris kita menyebutnya CHSE atau kepanjangannya cleanlines, health, safety and evironmental sustainability," kata Wishnutama di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Oktober 2020.

Baca juga: Konflik dengan Butet Kertaradjasa Jadi Catatan Negatif Wishnutama

Baginya, penerapan ini menjadi langkah awal membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata. Selain itu, kata dia, hal ini juga mampu meningkatkan kepercayaan pelancong yang akan berkunjung ke lokasi wisata, karena mengindahkan protokol kesehatan dengan baik menjadi kunci keberhasilan agar indusri ini lekas bangkit kembali.

Wishnutama menyebut, untuk sektor pariwisata khususnya perhotelan telah menerapkan protokol kesehatan, mulai dari area lobi, hingga kamar yang digunakan wisatawan untuk menginap. 

Para wisatawan yang berkunjung juga diminta harus melalui protokol kesehatan yang ketat. "Dengan pemeriksaan suhu tubuh, jaga jarak, mengutamakan pembayaran non-tunai, hingga wajib memberitahukan ke pihak hotel riwayat perjalanan sebelumnya selama 14 hari terakhir," ucapnya.

Baca juga: Penjelasan Wishnutama soal Dana Hibah Pariwisata 3,3 Triliun

Menurut dia, setiap karyawan hotel juga diatur ketat dalam protokol Tata Graha, yaitu menggunakan peralatan dan perlengkapan kerja yang tidak saling dipinjamkan. Sebab, semua peralatan harus dibersihkan sesuai standar protokol kesehatan yang berlaku.

"Yang perlu diingat, bahwa protokol kebersihan, kesehatan dan keselamatan dari Kemenparekraf bikin semuanya tetap produktif tapi aman dari Covid-19, karena Indonesia Care," ujar Wishnutama. []

Berita terkait
Profil Putra Wishnutama, Sabian Tama yang Dipacari Awkarin
Menyandang status pacar selebgram Karin Novilda alias Awkarin, Muhammad Sabian Tama turut menjadi sorotan publik. Lantas, siapa dia?
Pacari Anak Wishnutama, Awkarin Tak Ikut Demo UU Ciptaker?
Selebgram Awkarin pacar anak Menteri Wishnutama dicari saat demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, kenapa?
Ferdinand: Kinerja Wishnutama Tak Bisa Ditemukan di Google
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dinilai lebih cocok menjadi seorang influencer daripada posisinya saat ini.
0
Stok Gas LPG 3 Kilogram Tersisa 6,5 Juta Tabung di Sumbar
Stok gas LPG ukuran tiga kilogram di Sumatera Barat (Sumbar) tersisa 6,5 juta tabung hingga akhir tahun 2020.