UNTUK INDONESIA
Penjelasan Wishnutama soal Dana Hibah Pariwisata 3,3 Triliun
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio jelaskan ada dana hibah Rp 3,3 triliun untuk sektor pariwisata terdampak pandemi.
Ilustrasi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio jelaskan ada dana hibah Rp 3,3 triliun untuk sektor pariwisata terdampak pandemi. (foto: wikipedia).

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menyampaikan, untuk menggeliatkan perekonomian di sektor pariwisata Indonesia yang menurun akibat adanya pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah telah menyiapkan dana hibah sebesar Rp 3,3 triliun.

Dia menekankan, dana hibah tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Hibah pariwisata dilakukan melalui mekanisme transfer daerah sebesar 70% untuk hotel dan restoran.

"Guna membantu pemerintah daerah serta industri perhotelan dan restoran yang saat ini mengalami penurunan, Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta gangguan finansial akibat pandemi Covid-19," kata Wishnutama saat memberi keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Rabu, 21 Oktober 2020.

Baca juga: Konflik dengan Butet Kertaradjasa Jadi Catatan Negatif Wishnutama

Lebih lanjut ia menjelaskan, terkait implementasinya, hibah dana tunai didistribusikan melalui mekanisme transfer ke daerah yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan usaha sektor pariwisata setempat. 

Beberapa jenis usaha yang berhak menerima dana hibah itu, kata Wishnu, berupa hotel dan restoran yang tersebar di 101 daerah di kota dan kabupaten, berdasarkan kriteria tertentu.

Beberapa kriteria itu ialah ibukota provinsi yang berada di 10 destinasi pariwisata prioritas dan lima destinasi super prioritas. Kemudian, daerah yang termasuk dalam 100 calendar of event, destinasi banding.

Baca juga: Wishnutama Tak Dicopot, Jokowi Terlena Konsep Motor Terbang

"Hibah pariwisata dilakukan melalui mekanisme transfer daerah sebesar 70% untuk hotel dan restoran, berdasarkan data realisasi pajak hotel dan pajak restoran tahun 2019 di Pemda masing-masing. Serta, 30% untuk daerah-daerah yang digunakan sebagai bagian dalam penanganan dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19, terutama pada sektor pariwisata," tuturnya.

Munurut Wishnutama, hibah pariwisata akan disalurkan hingga akhir Desember 2020 mendatang. Dia pun berharap, melalui dana hibah ini industri terdampak pandemi dapat terbantu untuk meningkatkan kesiapan kunjungan para wisatawan dengan menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah. []

Berita terkait
Profil Putra Wishnutama, Sabian Tama yang Dipacari Awkarin
Menyandang status pacar selebgram Karin Novilda alias Awkarin, Muhammad Sabian Tama turut menjadi sorotan publik. Lantas, siapa dia?
Pacari Anak Wishnutama, Awkarin Tak Ikut Demo UU Ciptaker?
Selebgram Awkarin pacar anak Menteri Wishnutama dicari saat demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja, kenapa?
Ferdinand: Kinerja Wishnutama Tak Bisa Ditemukan di Google
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dinilai lebih cocok menjadi seorang influencer daripada posisinya saat ini.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.