UNTUK INDONESIA
Wisata Palembang Kota Kelahiran Dian Pelangi
Kota Kelahiran Dian Pelangi di Palembang memiliki sejumlah wisata yang indah dan menarik.
Jembatan ampera salah satu ikon kota Palembang (Foto : Instagram/palembanginfo)

Jakarta - Palembang, kota kelahiran pengusaha Dian Wahyu Utami atau lebih akrab disapa Dian Pelangi itu, memiliki banyak objek wisata menari dan cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan merilekskan pikiran. 

Tak perlu khawatir, di sana ada sejumlah lokasi wisata yang menarik, mulai dari tempat bersejarah hingga yang kekinian juga ada. 

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah tempat wisata di kota terbesar kedua di Pulau Sumatera, yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Jembatan Ampera

Jembatan AmperaJembatan ampera salah satu ikon kota Palembang (Foto : Instagram/@palembanginfo)

Jembatan ampera yang bisa dibilang ikon kota palembang ini berada di tengah-tengah kota Palembang. Jembatan ini menghubungkan daerah seberang ulu dan seberang ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan yang memiliki panjang 1117 meter dan lebar 22 meter ini menjadi tempat wajib yang harus dikunjungi ketika  Anda menginjakkan kaki di kota Palembang. 

Bangunan yang berdiri di atas sungai terpanjang di Sumatera tersebut, biasa dijadikan tempat berswafoto oleh pengunjung yang singgah ke lokasi tersebut. 

2. Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho  PalembangMasjid Cheng Ho tempat wisata bernuansa China, Arab, Palembang (Foto: Instagram/@palembanginfo)

Masjid yang dibangun dengan perpaduan unsur Cina, Melayu, dan Nusantara ini menjadi tempat yang sering dikunjungi. Objek wisata tersebut biasa dijadikan sebagai tempat untuk berswafoto karena   bagi pengunjung masjid ini instagramable.

Masjid ini didirikan atas prakarsa sesepuh, penasehat, pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PTI) di sekitar Palembang. Masjid Cheng Ho memiliki imam baru yang sudah hafal 30 jus yang bernama Chirul Rizal.

Bangunan masjid itu memiliki ukuran berkisar 20x20 meter diatas tanah seluas 4.990 meter persegi. Menariknya tempat ini dilengkapi dengan dua menara yang diberi nama Habluminallah dan Hambluminannas, serta tempat wudhu berukuran 4x4 meter. 

Jika ingin berwisata religi, tempat ini sangat cocok dikunjungi. Sembari berwisata, Anda juga bisa menjalankan ibadah. 

3. Pulau Kemaro

Pulau kemaro PalembangPulau Kemaro, pulau yang ada di tengah-tengah sungai musi (Foto: Instagram/@palembanginfo)

Tempat wisata ini berada di tengah-tengah Sungai Musi, dan letaknya enam kilometer dari Jembatan Ampera. Pulau legendaris ini biasanya didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang dan berziarah.

Pulau Kemaro memiliki luas sekitar 79 hektare dan ketinggiannya mencapai lima mdpl. Tempat wisata ini memang diidentik dengan nuansa kota Cina dan masyarakat Tionghoa, adat istiadat, serta kehidupan asli masyarakat Palembang. 

Ketika Anda ke objek wisata itu, pastinya akan menemukan sejumlah peninggalan sejarah seperti pagoda berlantai 9, makam putri Sriwijaya, Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha, serta pohon cinta yang dipercaya masyarakat bisa membuat hubungan langgeng. 

4. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung PalembangAir Terjun Maung di Palembang. (Foto: Instagram/@seputarkotapalembang)

Salah satu destinasi alam kota Palembang yang tidak boleh dilewatkan adalah Air Terjun Maung. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter ini menjadi tempat destinasi wisata yang ramai pengunjung. 

Air terjun ini terbagi oleh dinding jurang dan rumput yang hijau, sehingga membuat objek wisata tersebut semakin indah. Apalagi di sebelah kanannya ada dua air terjun kembar yang mengalir deras, membuat kecantikan alamnya semakin indah. 

Anda bisa bersantai ria dengan duduk di bebatuan besar yang ada di pinggir sungai, dan menikmati pesona keindahan pepohonan di sekitar lokasi tersebut. 

5. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak di PalembangBenteng Kuto Besak bangunan bersejarah yang ada di palembang (Foto: Instagram/@nikipetir)

Benteng Kuto Besak ini merupakan sebuah kompleks keraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang. Bangunan bersejarah tersebut berlokasi persis di tepi Sungai Musi. 

Benteng ini sudah berumur ratusan tahun dan terbuat dari putih       telur yang dicampur batu kapur sebagai perekat bata. Ketika malam tiba, biasanya objek wisata tersebut ramai oleh pedagang pasar malam, yang menyajikan aneka kuliner

Terlebih, jika Anda makan malam di atas kapal restoran terapung, sehingga membuat suasana semakin indah dengan lampu yang menyala di permukaan sungai. []

Baca juga:

Berita terkait
Museum Munir Bakal Jadi Destinasi Wisata Jawa Timur
Museum Munir di Kota Malang selain menjadi museum HAM akan dijadikan destinasi wisata unggulan di Jawa Timur.
Delapan Wisata Padang Wajib Dikunjungi
Kota Padang, Sumatera Barat, memilik banyak objeks wisata. Paling populer tentu saja pesona pantai.
Wisata Antariksa Mulai 2020, Tarif Rp 3,52 Miliar
Para wisatawan dunia pada 2020 akan ditantang dengan hadirnya wisata anti mainstream yakni berwisata ke luar angkasa.
0
Kaesang Pangarep Kena Virus Kerajaan Sunda Empire
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, kena virus fenomena kerajaan baru Sunda Empire. Ia pun mendaulat dirinya sebagai Raden Mas Ngarep.