UNTUK INDONESIA
Delapan Wisata Padang Wajib Dikunjungi
Kota Padang, Sumatera Barat, memilik banyak objeks wisata. Paling populer tentu saja pesona pantai.
Tugu Muaro Lasak di Pantai Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang - Kota Padang, Sumatera Barat, memiliki ragam objek wisata yang tak habis-habisnya diburu wisatawan. Mulai dari objek wisata kekinian, budaya, religi dan tentunya pantai paling mendominasi.

Kali ini, Tagar akan menyuguhkan sederet tempat yang wajib kamu kunjungi jika berkunjung ke Kota Padang. Belum ke Padang rasanya jika belum menyambangi dan berpose objek wisata hits saat ini.

1. Tugu Merpati Pantai Muaro Lasak

Tugu Merpati PerdamaianTugu Merpati Perdamaian di Kota Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Kehadiran monumen Tugu Perdamaian Merpati Putih di Kawasan Muaro Lasak Pantai Padang mempunyai daya tarik tersendiri bagi penggunjung. Tugu berlogo merpati putih ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), hasil karya acara Komodo yang terdiri dari sejumlah negara di dunia, pada April 2016 lalu.

2. Tugu IORA

TuguTugu IQRO di Pantai Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Tugu Indian Ocean Rim Association (IORA) yang artinya Asosiasi Negara-negara Pesisir Samudra Hindia ini juga dijadikan tempat berswafoto para pengunjung pantai Padang. Asosiasi ini beranggotakan 20 negara dan 6 mitra dialog.

3. Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Sumatera Barat

GedungSalah satu sudut di Gedung Kebudayaan Sumatera Barat yang menghadap ke laut. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Gedung seluas 23.000 meter per segi yang unik dan fenomenal ini salah satu ikon baru khas Ranah Minang yang melahirkan banyak budayawan dan seniman nasional hingga internasional. Uniknya, gedung GPK ini dibangun menyerupai kapal, dibangun berarsitek modern dengan konsep mempertahankan kultur lokal.

4. Masjid Al-Hakim

MasjidMasjid Al-Hakim di tepi bibir Pantai Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Masjid Al Hakim ini menjadi salah satu ikon wisata halal di Kota Padang. Meskipun masjid ini masih dalam tahap pembangunan, namun tidak menyurutkan minat pengunjung untuk mengabadikannya. Selain bangunannya yang megah, masjid ini juga terletak tepat di bibir Pantai Padang.

5. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti NurbayaJembatan Siti Nurbaya. Foto: Tagar/Dok.Muhammad Ikhlas)

Jembatan yang berdiri di atas Sungai Batang Arau, dengan panjang jembatan kurang lebih 100 meter dan panjang total dari ujung ke ujung sepanjang 600 meter ini, juga menjadi salah satu spot terbaik untuk berfoto. Apalagi berfoto pada malam hari, penggunjug akan disajikan pemandangan yang menakjubkan, penuh kilauan lampu-lampu yang di aliran sungainya bersandar puluhan kapal.

6. Pantai Air Manis

Batu Malin KundangBatu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Daya tarik kawasan Pantai Manis ini yakni keunikan Batu Malin Kundang. Pada dasarnya, Batu Malin Kundang merupakan sebuah relief batu berupa pecahan kapal dan seseorang manusia yaitu, Malin Kundang tertelungkup di Pesisir Pantai Air Manis. Keberadaan Batu Malin Kundang telah mempopulerkan Pantai Air Manis, tempat latar legenda sebagai salah satu daya tarik wisata di Padang.

7. Museum Adityawarman

MuseumMuseum Adytiawarman, Kota Padang, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Museum Adityawarman adalah museum budaya Provinsi Sumatera Barat yang berada di Kota Padang diresmikan pada 16 Maret 1977. Museum yang dijuluki Taman Mini Sumbar ini menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah. Seperti cagar budaya Minangkabau dan sekitarnya beserta beberapa cagar budaya nasional.

Museum Adityawarman yang terletak di Jalan Diponegoro No.10, Kelurahan Belakang Tangsi, Kecamatan Padang Barat ini, merupakan salah satu museum terpenting yang mengangkat sejarah masyarakat Minangkabau dan peninggalan-peninggalan kebudayaan.

Di museum ini juga terdapat ribuan peninggalan sejarah, dan naskah-naskah kuno yang menjadi saksi masa lampau. Selain itu, juga terdapat diorama (miniatur perkampungan minang pada zaman lampau).

8. Masjid Raya Sumatera Barat

masjidMasjid Raya Sumatera tidak memiliki kubah. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Masjid ini memiliki beberapa keunikan yang membuatnya menjadi masjid ikonik. Salah satunya karena dibangun tanpa kubah. Tampilan masjid tanpa kubah ini merupakan representasi wujud falsafah Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) yang berarti adat yang didasarkan, ditopang oleh syariat agama Islam berdasarkan alquran dan hadits.

Selain atapnya yang mirip rumah gadang, juga memiliki corak ukiran Minangkabau pada dindingnya yang memiliki makna pada setiap ukiran. Selain itu, karena memiliki banyak pintu masjid ini juga dijuluki masjid seribu pintu angin. []

Berita terkait
Lima Wisata Filipina Favorit Miyabi
Filipina memang salah satu negara destinasi yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan, salah satunya pernah dikunjungi Miyabi.
Mengenal Taman Nasional Lorentz dari Google Doodle
Situs pencarian raksasa Google menjadikan Taman Nasional Lorentz di Papua sebagai doodle atau gambar latar.
Jokowi Tawarkan Lima Destinasi Liburan Akhir Tahun
Libur akhir tahun jadi agenda perusahaan dan keluarga yang memilih destinasi dalam negeri atau luar negeri, Jokowi menawarkan lima destinasi baru
0
Penganiaya Dua Anak di Labuhanbatu Berniat Membunuh
Korban penganiayaan menuturkan pengalamannya ketika dihajar oleh keluarga pengusaha minyak di Kabupaten Labuhanbatu.