Waspadai, Makanan yang Dapat Turunkan Imunitas Tubuh

Pada masa pandemi Corona konsumsi makanan sehat sangat penting. Namun pastikan makanan tersebut tidak menurunkan imunitas tubuh.
Ilustrasi Es krim. (Foto: Pixabay/silviarita)

Jakarta - Pada masa pandemi Corona atau Covid-19, semua orang akan melakukan berbagai upaya untuk tetap sehat. Mulai dari rutin berolahraga hingga mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Terlalu fokus dengan makanan sehat, ternyata ada sejumlah makanan dan minuman yang ternyata bisa menurunkan daya tahan tubuh. Sehingga hal ini harus menjadi perhatian semua orang untuk mencegah badan menjadi drop atau lemah dan lemas di masa pandemi Covid-19 ini. 

Seperti dilansir dari Times of India yang dikutip oleh Antara, berikut Tagar rangkum sejumlah makanan dan minuman yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

1. Permen dan jelly

Ilustrasi Permen dan JellyIlustrasi Permen dan Jelly. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Sedikit permen dan jelly memang tidak akan membahayakan. Mengkonsumsi kudapan manis ini tidak hanya dapat memanjakan lidah, namun juga dapat untuk meningkatkan mood seseorang.

Kini yang harus menjadi perhatian ketika Anda mengonsumsi gula berlebihan, karena dapat menyebabkan peradangan dan efek jangka panjangnya mampu melemahkan sel darah putih dalam mempertahankan antibodi serta melawan infeksi. 

Jadi yang harus dihindari yaitu mengonsumsi gula berlebihan dalam jangka panjang karena bisa melemahkan sistem imun dan memicu penyakit diabetes dan kolesterol.

2. Stroberi

Ilustrasi StroberiIlustrasi Stroberi. (Foto: Pixabay/Couleur)

Buah beri memang memiliki vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Namun, segala sesuatu yang dikonsumsi berlebihan justru membawa dampak buruk bagi tubuh.

Stroberi memiliki kandungan yang disebut histamin, yang memicu penyumbatan saluran pernapasan. Peningkatan histamin dalam tubuh dapat memperburuk kondisi saluran napas, apalagi bila seseorang memiliki masalah sinus.

3. Kopi

Ilustrasi KopiIlustrasi Kopi. (Foto: Pixabay/Pexels)

Sebagian besar orang memulai hari dengan menyeruput kopi, bahkan ada yang tidak bisa hidup tanpa kopi. Kopi memang tidak hanya dapat membantu seseorang untuk lebih fokus, tetapi juga dijadikan minuman santai sambil bercengkerama bersama teman.

Namun siapa sangka, jika mengonsumsi kopi dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena dapat menyebabkan kembung dan rasa mulas pada sebagian orang. 

Terlalu banyak minum kopi juga bisa memicu dehidrasi. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat diuretik dan mampu membuat Anda merasa terhidrasi, namun merasa mual pada saat bersamaan.

4. Keripik kentang

Ilustrasi Keripik KentangIlustrasi Keripik Kentang. (Foto: Pixabay/avantrend)

Keripik kentang adalah kudapan yang paling digemari oleh banyak orang. Sebungkus keripik kentang bisa memanjakan mulut Anda, tetapi justru dapat membahayakan kesehatan.

Keripik kentang banyak mengandung garam dan minyak yang membuatnya menjadi sangat nikmat dan adiktif. Tetapi terlalu banyak konsumsi garam dan minyak dapat melemahkan sistem imun, hingga memicu serangan penyakit seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol.

5. Es krim

Ilustrasi Es krimIlustrasi Es krim. (Foto: Pixabay/silviarita)

Es krim memang salah satu kudapan yang digemari oleh banyak orang. Selain memiliki rasa manis, ternyata kudapan ini dipenuhi oleh krim tinggi lemak dan susu, yang menjadikan es krim sebagai kudapan dengan kandungan lemak tertinggi. 

Terlepas dari tingginya kandungan gula di dalam es krim, kudapan manis ini dapat memicu peradangan hingga mempengaruhi kadar gula darah yang membahayakan kesehatan. []

Baca juga:

Berita terkait
5 Kebiasaan Buruk Bikin Imunitas Tubuh Menurun
Kebiasaan buruk tanpa disadari berdampak pada penurunan imunitas tubuh.
Makanan Penguat Imunitas Manula Selama Pandemi Corona
Manula sangat rentan terhadap virus Corona karena imunitas tubuhnya yang melemah. Sehingga, mereka penting menjaga makanan yang dikonsumsinya.
Cara Meningkatkan Imun Tubuh Hadapi Pandemi Corona
Banyak cara meningkatkan imun tubuh menghadapi pandemi Covid-19. Dokter Gadis Frinawati berbagi cara mendapatkan imun dengan mudah dan praktis.
0
Melihat Epiknya Momen Malam HUT DKI Jakarta Lewat Lensa Galaxy S22 Series 5G
Selain hadir ke kegiatan-kegiatan yang termasuk ke dalam agenda perayaan HUT DKI Jakarta, kamu juga bisa merayakannya dengan jalan-jalan.