Waspada Situs Palsu Catut Nama PeduliLindungi

Hoaks dan modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab selama pandemi Covid-19 terus bermunculan.
Ilustrasi hoaks. (Foto: Tagar/pinterest)

Jakarta - Hoaks dan modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab selama pandemi Covid-19 terus bermunculan dan salah satunya adalah situs palsu dengan alamat http://www.pedulilindungia.com/. 

Tampilan situs tersebut dibuat sama persis dengan tampilan situs resmi dan juga ada laman untuk memasukkan data pengguna dan informasi terkait covid-19.

Meski serupa, situs palsu ini memiliki perbedaan mencolok. Perbedaan utamanya terletak pada bagian domain. Situs PeduliLindungi yang asli adalah pedulilindungi.id, sementara aplikasi yang palsu adalah pedulilindungia.com.

Selain itu pada situs yang palsu juga terdapat tambahan huruf A pada akhir tautan PeduliLindungi. Kemudian terdapat informasi dengan nomor rekening bank BCA atas nama Nurmainah.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau berhati-hati saat membuka situs PeduliLindungi. Bagi Anda yang ingin melihat sertifikat vaksin covid-19 maka bisa mengunduh di situs resmi PeduliLindungi.id atau melalui aplikasinya yang sudah tersedia di App Store maupun PlayStore.

Setelah masuk, Anda cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk mengetahui status vaksinasi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memeriksa riwayat hasil tes covid-19 yang telah dijalani.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Aplikasi Clubhouse Resmi Tambah Fitur Baru
Kini semua orang dapat langsung bergabung dan menggunakan Clubhouse tanpa harus menunggu undangan dari pengguna lainnya.
Dirjen ATR/BPN Andi Tenrisau Paparkan Manfaat Aplikasi PTM
Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria, Andi Tenrisau mengatakan Kementerian ATR/BPN meluncurkan aplikasi Pemberdayaan Tanah Masyarakat (PTM).
Instansi Pemerintah Diminta Pakai Aplikasi PeduliLindungi
MenPANRB Tjahjo meminta agar instansi pemerintah memperkuat protokol kesehatan di lingkungan kantornya pakai aplikasi PeduliLindungi
0
Waspada Situs Palsu Catut Nama PeduliLindungi
Hoaks dan modus penipuan yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab selama pandemi Covid-19 terus bermunculan.