UNTUK INDONESIA
Warga Tiga Kecamatan di Sleman Naik Trans Jogja Gratis
Rute baru Trans Jogja menjangkau tiga kecamatan di Sleman, yakni Godean, Ngemplak, Ngaglik. Sampai Desember gratis naik bus umum ini.
Armada Trans Jogja mulai diujicobakan untuk rute baru, Godean - Kota Yogyakarta. (Foto: Istimewa/Facebook)

Sleman - Warga tiga kecamatan di Sleman, Yogyakarta, yakni Kecamatan Godean, Ngemplak dan Ngaglik, sudah bisa menikmati layanan moda transportasi Trans Jogja mulai hari ini, 2 Oktober 2010. Transportasi publik ini akan digratiskan bagi para penumpangnya hingga Desember 2020 mendatang.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumaryanto menuturkan mulai hari ini bus Trans Jogja sudah memasuki tahap uji coba. "Ya hari ini sudah uji coba koridor satu untuk yang ke arah Godean. Jumlah busnya 10 dengan gateway 7 menit," ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat, 2 Oktober 2020.

Baca Juga:

Dalam tahap uji coba saat ini hingga Desember mendatang, penumpang tidak akan dikenakan biaya alias gratis. "Sampai Desember nanti gratis. Kalau sudah semuanya nanti dengan total 44 bis 3 koridor," jelasnya.

Dia mengatakan, jumlah kendaraan yang beroperasi nantinya 40 bis dengan 4 bis lainnya sebagai cadangan. Berbeda dengan bus Trans Jogja yang sudah beroperasi sebelumnya, untuk amada yang beroperasi di tiga kecamatan tersebut bus yang digunakan dengan kategori low entry.

Sampai Desember nanti gratis. Kalau sudah semuanya nanti dengan total 44 bis 3 koridor.

"Kalau yang biasanya itu kan pakai halte untuk naik karena tinggi. Tapi untuk yang di tiga kecamatan ini lebih rendah atau low entry. Tapi kondisi di dalamnya sama seperti Trans Jogja pada umumnya," terangnya.

Perbedaan lain yang terlihat adalah pintu masuknya berada di depan dan sejajar dengan kursi driver. Sedangkan bis yang lama pintu masuknya berada di samping tengah.

Baca Juga:

Masa uji coba diperkirakan memakan waktu dua minggu sebelum akhirnya semua koridor di tiap kecamatan bisa beroperasi penuh. Setelah Desember nanti, tarif yang dikenakan akan sama persis dengan tarif Trans Jogja sebelumnya. "Nanti kan gratis itu sampai Desember. Setelah itu nanti akan diberlakukan tarif sama dengan Trans Jogja," kata dia.

Untuk diketahui, penambahan rute moda transportasi Trans Jogja di Kecamatan Godean, Ngaglik dan Ngemplak merupakan program pemenuhan angkutan perkotaan. Melalui skema Buy The Service (BTS), Trans Jogja yang baru melayani di 23 Kecamatan, akan maksimal bisa melayani di 25 Kecamatan. []

Berita terkait
Ceko Garap Transportasi KA di Jogja, Ini Kata Sultan
Pemerintah Ceko berminat kerja sama dengan Indonesia dan PT KA perihal proyek transportasi di Yogyakarta. Sultan HB X menyambut positif hal itu.
Memprihatinkan, Trans Jogja Kecelakaan Sudah 4 Kali
Banyak pihak seperti masyarakat peduli pelayanan publik mengeluhkan pelayanan Trans Jogja apalagi setelah insiden kecelakaan menewaskan pelajar.
Evaluasi Dishub DIY Usai Trans Jogja Tabrak Pelajar
Dishub DIY rutin mengevalusi kinerja Trans Jogja. Apalagi setelah bus ini mengalami kecelakaan yang menewaskan pelajar.
0
Politisi PKB Sebut BBKSDA Sumut Melindungi Perusak Ekosistem
BBKSDA Sumatera Utara dituding melakukan pembiaran terhadap aktivitas perkebunan kelapa sawit yang merusak ekosistem.