UNTUK INDONESIA
Warga Tewas karena Corona, 2 Desa di Aceh Tes Massal
Sebanyak 165 orang warga di dua desa di Aceh dites massal setelah dua orang dinyatakan tewas karena virus corona (Covid-19).
Tim medis gugus tugas Covid-19 Kabupaten Aceh Barat, Aceh, melakukan pengambilan sampel untuk uji swab terhadap warga yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. (Foto:Tagar/Vinda Eka Saputra).

Aceh - Tim medis Satuan Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Nagan Raya melakukan rapid test massal terhadap 165 orang warga di dua desa di Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Koordinator Dokter Satgas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Nagan Raya, Edi Hidayat, mengatakan rapid test massal yang dilakukan merupakan tindak lanjut menyusul adanya lima orang di desa tersebut yang dinyatakan positif Covid-19, dan dua di antaranya telah meninggal dunia.

"Dari total 165 orang yang dilakukan rapid test, 20 orang dinyatakan reaktif Covid-19," kata Edi kepada Tagar, pada Rabu 5 Agustus 2020.

Edi mengatakan, dari 20 orang yang dinyatakan reaktif corona berdasarkan hasil rapid test yang dilakukan oleh gugus tugas Covid-19 Nagan Raya, tujuh orang diantaranya telah dilakukan pengambilan sampel uji swab.

"Warga yang sudah melakukan uji swab kita minta untuk melakukan isolasi mandiri dulu di rumah masing-masing sampai hasilnya keluar dari Balitbangkes Provinsi," katanya.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan bahwa tes massal ini dilakukan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

Sebelumnya, warga di dua desa tersebut sempat melakukan kontak langsung dan memandikan jenazah pasien positif Covid-19 yang meninggal sebelum hasil uji swab keluar.

"Kita akan terus lakukan upaya untuk mencegah tersebarnya virus ini dengan melakukan rapid test dan swab kepada semua warga yang pernah kontak langsung," ujar dia.

Sedangkan untuk ketiga orang pasien positif Covid-19 lainnya untuk saat ini telah dipindahkan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda ke rumah sehat yang berada di Desa Cot Kuala, Kecamatan Suka Makmue pada hari Minggu 2 Agustus 2020.

"Pasien berinisial DD 22 tahun, D 16 tahun dan P 22 tahun, mereka masih dalam perawatan namun sengaja kita pindahkan agar pengobatannya lebih maksimal serta lokasi rumah sehat yang jauh dari permukiman penduduk merupakan juga salah satu alasan kita memindahkannya," kata Edi. []

Berita terkait
Update Covid Aceh: Tambah 43, Banda Aceh Terbanyak
Kasus positif Covid-19 di Provinsi Aceh bertambah 43 orang. Kota Banda Aceh menjadi penyumbang terbanyak penambahan tersebut.
DPRK Aceh Tamiang Soroti Peningkatan Kasus Covid-19
DPRK Aceh Tamiang meminta kepada Pemkab dan Satgas untuk lebih serius lagi bekerja dalam penanggulangan penyebaran Covid-19.
19 Dokter Puskesmas di Tarik ke RSUD Aceh Tamiang
19 dokter dari 15 Puskesmas akan membantu pelayanan di ruang IGD RSUD Aceh Tamiang.
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.