Warga Palembang Gelar Salat Istisqa Minta Hujan

Ratusan masyarakat Palembang mengikuti salat istisqa untuk memohon turunya hujan di tengah asap kebakaran hutan yang melimuti kota Palembang
Salat istisqa di Palembang memohon hujan. (Foto: Tagar/Yuyun Yunani)

Palembang - Ratusan masyarakat Palembang mengikuti salat istisqa untuk memohon turunya hujan di tengah asap kebakaran hutan dan lahan yang menyelimuti Kota Palembang, yang dilaksanakan  di markas Komando Distrik Militer 0418 Palembang, Kamis 12 September 2019.

Komandan Kodim 0418 Palembang, Letkol Arm Widodo Noercahyo mengatakan, salat istisqa ini di ikuti anggota anggota TNI dan juga kepolisian, PNS dan santri dari berbagai pondok pesantren di Palembang.

“Ini adalah salat istisqa ke tujuh yang kita lakukan di Kodim 0418 Palembang, setiap Koramil dibawah jajaran Kodim juga melaksanakan salat istisqa seperti ini,” jelas Widodo usai salat istisqa, Kamis 12 September 2019.

Beberapa hari belakangan ini titik panas di Sumsel semakin meningkat. Bahkan kebakaran lahan dan hutan di Sumsel terus meluas dan membuat kabut asap semakin pekat di Kota Palembang dan sekitarnya.

“Kabut asap saat ini semakin pekat. Selain upaya pemadaman kebakaran, kita juga harus memohon kepada Allah, karena hujan adalah kuasa-Nya,” tutur dia.

Widodo juga mengharapkan agar semua masyarakat di Palembang dan wilayah Sumsel melakukan hal yang sama. Menurutnya, semakin banyak orang yang memohon hujan dan melaksanakan salat istisqa, maka insya Allah hujan akan turun.

“Karenanya perbanyak berdoa agar turun hujan, dan tetap ikhtiar dengan berusaha semaksimal mungkin untuk padamkan kebakaran lahan dan hutan,” jelasnya.

Ditambahkan Wakapolres Palembang, AKBP Andes Purwanti, kepolisian juga sudah melakukan salat istisqa beberapa waktu lalu. “Kami juga akan menjadwalkan salat istisqa lagi di Mapolresta Palembang dengan mengajak masyarakat Palembang. Insya Allah dengan perbanya melakukan salat istisqa, akan turun hujan nantinya,” jelasnya.

Terkait dengan adanya kebakaran lahan di area Jakabaring, Palembang beberapa waktu lalu, Andes menyebut hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan.

“Saat kebakaran terjadi, kita langsung ke lokasi untuk menyelidiki kasus tersebut. Dan sampai saat ini penyelidikan masih berjalan,” tandasnya. 

Baca juga:

Berita terkait
Asik Main Warnet, Pelajar Palembang Dirazia Satpol PP
Puluhan pelajar tingkat SLTP dan SLTA Palembang, terjaring razia Satpol PP saat asik bermain game di warnet.
Wisata Instagramable Keren di Palembang
Wisata Palembang yang Instagramable keren untuk berfoto ria. Sejak media sosial Instagram penggunanya tinggi, pariwisata di sana mulai terekspose.
Polda Sulsel Bekuk Hacker, Seorang Pelajar di Palembang
Pelajar SMK di Palembang berurusan dengan Polda Sulawesi Selatan lantaran meretas akun Facebook anggota Polri.
0
Deklarasi Partai Prima, Tawarkan Sejumlah Program Kerja
Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) menawarkan sejumlah program kerja reformasi saat resmi dideklarasikan menjadi partai baru Selasa, 1 Mei 2021.