Warga Blimbingsari Sleman Segel Proyek Gedung UGM

Warga Blimbingsari, Sleman, menyegel proyek pembangunan gedung milik UGM. Proyek tersebut dinilai telah mengganggu ketenangan warga.
Warga Blimbingsari, Sleman, menyegel proyek pembangunan gedung milik UGM Yogyakarta. Penyegelan dilakukan dengan memasang spanduk di pintu masuk lokasi proyek. (Foto" Tagar/Rahmat Jiwandono)

Yogyakarta - Warga Blimbingsari, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyegel proyek pembangunan gedung. Proyek yang disegel adalah pembangunan gedung TILC Sekolah Vokasi milik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Penyegelan dilakukan dengan menutup pintu masuk proyek dengan spanduk bertuliskan Proyek Ini Ditutup Sebelum Ada Kesepakatan Dengan Warga. Di bagian bawah spanduk tertera Tertanda Warga Masyarakat Blimbingsari.

Kok ternyata sampai pagi kerjanya. Jadi kami merasa terganggu sekali.

Penyegelan dilakukan lantaran warga sekitar terganggu dengan pelaksanaan proyek yang tidak mengenal waktu. "Mereka tidak bilang ke warga kalau mau lembur kerja," kata Ketua RT I, Dusun Blimbingsari, Wartono kepada wartawan, Senin, 10 Agustus 2020.

Sebelumnya pihak pelaksana proyek menyatakan hanya akan beraktivitas hingga pukul 22.00 WIB saja. Namun, faktanya mereka bekerja sampai pagi hari

"Kok ternyata sampai pagi kerjanya. Jadi kami merasa terganggu sekali," ucapnya.

Wartono menuturkan awal mula proyek akan dijalankan, perwakilan perusahaan pelaksana proyek sempat sosialisasi ke warga. Tapi dari warga Blimbingsari, hanya ada sembilan orang yang menjadi perwakilan. Setelah pertemuan itu, tidak ada lagi pertemuan dan proyek mulai berjalan.

Sejauh yang diketahui warga, sebelumnya kawasan itu diperuntukkan sebagai perumahan dosen UGM. Namun kemudian, dosen-dosen yang tinggal di sana dipindahkan ke lokasi lain.

"Tapi yang diundang dan terdampak, itu sepertinya saya sendiri. Sedangkan warga terdampak langsung enggak diundang," kata dia.

Selain suara bising, debu yang begitu mengganggu juga menjadi persoalan, terlebih kala proyek memasuki tahapan bongkar bangunan lama. "Debunya parah itu," katanya.

Baca juga: 

Wartono menambahkan kelanjutan pembahasan perihal akar masalah dan keinginan warga setempat akan digelar dalam waktu dekat ini. "Kalau warga paling terdampak itu RT 1 dan RT 2 ada juga, tapi beberapa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Iva Ariani tidak memberikan banyak komentar terkait penyegelan yang dilakukan warga Blimbingsari. "Sebentar, masih kami cari infonya," kata Iva. []

Berita terkait
Gedung Farmasi Sulawesi Barat Disegel Warga
Gedung farmasi milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) disegel warga. Ini alasannya
Polemik PPDB, Warga Segel SMP 10 Padang
Warga Padang menyegel SMP negeri 10. Aksi ini buntut dari tidak diterimanya 11 orang anak warga di sekolah tersebut.
ASN Terima BLT, Warga di Pessel Segel Kantor Wali
Ratusan warga di Kabupaten Pesisir Selatan menyegel kantor wali nagari karena menganggap data penerima bantuan Covid-19 tidak benar.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.