Wajib Tahu! Bahaya Menginstal Aplikasi MOD

Sebagian orang menganggap aplikasi MOD adalah penyelamat karena dapat membantu mereka mengakses secara gratis. Namun, Anda harus tahu bahayanya.
Ilustrasi - Aplikasi MOD. (Foto: Tagar/Pexels/Cottonbro)

Jakarta - Sebagian orang menganggap aplikasi MOD adalah penyelamat karena dapat membantu mereka mengakses secara gratis dan komplet tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Selain itu, aplikasi ini juga menyajikan beragam fitur yang lebih canggih, bahkan mampu menghapus water mark yang biasanya ada dibeberapa aplikasi berbayar.

Berkat penawaran yang diberikan, banyak orang yang tertarik untuk mengunduh dan menginstal aplikasi bajakan ini karena dianggap jauh lebih menguntungkan ketimbang membeli aplikasi asli.

Namun, di balik segala keuntungan yang diberikan, aplikasi MOD ternyata memiliki beragam bahaya yang dapat mengintai gadget para penggunanya. Berikut beberapa bahaya aplikasi MOD yang dapat merusak sistem gadget Anda.


1. Terserang virus atau malware

Sama halnya dengan mengunduh aplikasi illegal lain, gadget Anda beresiko tinggi terserang virus atau malware jika mengunduh aplikasi MOD meski beberapa website mengklaim aplikasi MOD disitusnya aman.

Aplikasi MOD merupakan hasil modifikasi aplikasi resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Oleh karena itu, Sang pengembang bisa saja menyisipkan virus atau malware ke gadgetmu dan membuat perangkat tersebut rusak, cepat panas, atau menjadi lemot.


2. Tidak menjamin privasi

Privasi merupakan suatu hal yang krusial dan perlu dijaga karena terdapat beberapa informasi penting yang seharusnya hanya diketahui diri kita sendiri. Oleh karena itu, sebelum menuduh sesuatu kita harus mengecek dan mencari tahu terlebih dahulu rating dan review dari aplikasi yang akan diinstal.

Walau terlihat meyakinkan, aplikasi MOD berpotensi dapat menyadap semua data dan aktivitas yang Anda lakukan di gadget kesayangan. Terlebih, kita tidak mengetahui siapa developer yang mengembangkan aplikasi MOD tersebut.


3. Banyak iklan

Agar tidak merugi, umumnya sang developer akan menyisipkan iklan ke dalam aplikasinya.

Iklan-iklan tersebut biasanya muncul secara tiba-tiba dalam rentang waktu berdekatan. Ini tentu dapat menguji kesabaran para penggunanya, terlebih jika durasi dari iklan tersebut lama.


4. Ponsel melambat dan baterai cepat habis

Aplikasi MOD umumnya menyajikan ukuran file yang jauh lebih besar dari aplikasi asli karena telah dimodifikasi. Hal ini tentu dapat membuat kinerja sistem gadget Anda melambat.

Selain itu, aplikasi MOD juga dapat merubah kestabilan kinerja processor di gadget Anda, sehingga dapat menyebabkan baterai cepat habis dan beresiko merusak perangkat lain.


5. Terbanned

Google dapat mendeteksi adanya penggunaan aplikasi ilegal melalui data yang Anda masukan dengan akun Google Anda sendiri.

Anda dapat kesulitan mengakses beberapa aplikasi bawaan Google, seperti Google Drive, Google Chrome, dan Google Map jika ketahuan menginstal aplikasi yang dianggap berbahaya oleh Google.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp yang Penuh
WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa pulsa. Berikut cara atasi penyimpanan penuh.
Didenda Rp 3,8 Triliun, WhatsApp akan Ajukan Banding
Ini adalah denda terbesar yang pernah ada dari DPC Irlandia.
5 Rahasia WhatsApp dalam Berkirim Pesan yang Tak Diketahui
Layanan pesan instan WhatsApp memiliki rahasia pada setiap fitur yang dapat digunakan dalam berkirim pesan sesama pengguna WhatsApp lainnya.
0
Wajib Tahu! Bahaya Menginstal Aplikasi MOD
Sebagian orang menganggap aplikasi MOD adalah penyelamat karena dapat membantu mereka mengakses secara gratis. Namun, Anda harus tahu bahayanya.