Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp yang Penuh

WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa pulsa. Berikut cara atasi penyimpanan penuh.
Ilustrasi - WhatsApp. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet.

Tidak hanya pesan teks, WhatsApp saat ini sudah dapat digunakan untuk mengirim gambar, suara, file, bahkan, melakukan panggilan telepon ataupun video. Sebelum data media tersebut bisa dilihat, lampiran atau data media tersebut terlebih dahulu akan diunduh ke memori penyimpanan ponsel.

Akibatnya banyak berbagai macam data yang disimpan sehingga penggunaan memori penyimpanan WhatsApp menjadi besar dan semakin penuh.

Bagi pengguna ponsel dengan kapasitas memori internal yang kecil, hal tersebut menjadi suatu masalah. Karena itu ada baiknya sesekali mengecek dan menghapus file yang sudah tidak diperlukan. 

Ada beberapa tips untuk mengatasi permasalahan tersebut, khususnya bagi pengguna ponsel yang memiliki penyimpanan internal yang terbatas. Berikut 6 tips yang dapat dilakukan agar penyimpanan internal WhatsApp tidak penuh.


1. Menghapus WhatsApp Images yang tidak penting

Salah satu penyebab terbatasnya penyimpanan WhatsApp, yaitu banyaknya gambar yang auto terdownload sehingga ratusan atau bahkan ribuan foto akan menumpuk.

Hapuslah gambar-gambar tidak penting tersebut dengan cara membuka galeri foto, kemudian pada album pilih WhatsApp Images atau jika perlu melalui file manager dan bukalah folder bernama ‘WhatsApp’, kemudian buka media, dan pilih WhatsApp Images.


2. Menghapus WhatsApp Video yang tidak penting

Penyebab lain dari memori internal yang penuh ialah banyaknya video dengan ukuran besar di download dari WhatsApp. Banyak video secara otomatis terunduh dengan begitu saja.

Untuk menghapus video WhatsApp yang tidak penting tersebut, bukalah galeri foto, kemudian pada album pilih WhatsApp Video atau jika perlu melalui file manager dan bukalah folder bernama ‘WhatsApp’, kemudian buka media, dan pilih WhatsApp Video.


3. Matikan Auto Unduh Media

Penyebab utama penuhnya penyimpanan internal WhatsApp karena aktifnya fitur auto unduh media. Secara default WhatsApp akan melakukan unduh gambar jika dalam penggunaan mobile data dan akan mengunduh semua media dalam penggunaan Wi-Fi.

Untuk itu silahkan matikan auto unduh media agar yang terunduh hanya yang kita inginkan saja. Bukalah settings, kemudian pilih data and storage usage, pilih media auto-download (Pengaturan – Penggunaan data & penyimpanan Otomatis unduh media). 

Pada when using mobile data (Ketika terhubung ke Data Selular) unchecklist semua media, begitupun pada menu when connected on Wi-Fi (Ketika terhubung ke Wi-Fi).


4. Menghapus WhatsApp Audio

Terkadang, banyak orang malas untuk mengetik dan lebih memilih untuk voice note. Akibatnya banyak konten suara yang menumpuk di penyimpanan internal.

Maka dari itu, hapuslah konten suara dengan cara membuka file manager dan memilih folder ‘WhatsApp’. Kemudian pilih WhatsApp Media dan bukalah WhatsApp Audio.


5. Jangan sering melihat status

Tanpa disadari, melihat status orang lain akan mempengaruhi memori penyimpanan pada ponsel. Walaupun sifat status WhatsApp sementara dan akan terhapus otomatis, itu akan membutuhkan kapasitas yang besar jika status yang dilihat berupa video yang amat panjang. Sebaiknya kurangi aktivitas tersebut dan pilihlah status WhatsApp orang lain yang penting.


6. Aktifkan Fitur Backup ke Google Drive

Tips terakhir yang dapat dilakukan adalah mengaktifkan fitur backup atau mencadangkan data ke Google Drive. Dengan kata lain, semua data percakapan, pesan, foto, audio, video, maupun dokumen yang ada pada akun WhatsApp akan tersimpan di Google Drive.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan fitur tersebut adalah buka aplikasi WhatsApp, pilih menu tiga titik di kanan atas. Kemudian, pilih menu settings dan masuk ke bagian chats. 

Pilih chat backup dan tentukan akun Google Drive yang akan digunakan untuk mencadangkan data. Apabila ingin melakukan manual, tekan tombol back up dan tunggu hingga selesai.

(Christy Tolukun)

Berita terkait
WhatsApp Uji Coba Fitur Pencarian Bisnis
Baru-baru ini, WhatsApp menguji coba fitur baru untuk melakukan pencarian bisnis di dalam aplikasi.
Didenda Rp 3,8 Triliun, WhatsApp akan Ajukan Banding
Ini adalah denda terbesar yang pernah ada dari DPC Irlandia.
YoWhatsApp Ramai Digunakan, Ini Bahayanya!
YoWhatsapp, aplikasi Whatsapp mod yang populer, berbahaya.
0
Tips Mudah Jaga Data Pribadi Agar Tak Diretas
Salah satu cara untuk menjaga data pribadi dari pencurian data adalah menggunakan password yang berbeda-beda tiap website.