Wah! Ternyata Ini Alasan Bisnis Coffee Shop Tak Pernah Mati

Bisnis coffee shop merupakan salah satu usaha yang memiliki peluang bisnis untuk sukses dan tetap eksis dalam situasi apapun. Nah, ini alasannya.
Ilustrasi - Seorang barista yang tengah membuat kopi. (Foto: Tagar/Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Jakarta - Dari banyaknya bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang digeluti para pengusaha di Indonesia, terlihat bisnis coffee shop salah satu usaha yang memiliki peluang bisnis untuk sukses dan tetap eksis dalam situasi apapun.

Terlebih dengan popularitasnya yang kini kian meningkat dikalangan anak mud, sehingga memiliki peluang kesuksesan yang lebar meski telah banyak menjamur, berikut 5 alasan bisnis coffee shop tetap eksis dari dulu hingga sekarang.


1. Peluang konsumen pasar yang luas

Seperti yang diketahui, kopi tidak hanya diminati oleh orang tua, namun juga anak muda. Di sisi lain, bisnis ini juga disukai oleh semua kalangan, baik dari kalangan kelas bawah, menengah, hingga atas.

Kedua hal itulah yang menjadi pondasi kuat mengapa bisnis coffee shop tidak pernah lekang oleh zaman karena memiliki peluang konsumen pasar yang lebih luas dan banyak diminati oleh masyarakat umum.

Meskipun demikian, Anda harus tetap menjaga kualitas rasa dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen, mengingat banyaknya usaha-usaha coffee shop yang kini telah menjamur di berbagai daerah di Indonesia.


2. Menu sederhana

Berbeda dengan menu di bisnis food and beverage lain, coffee shop umumnya hanya menyajikan menu-menu sederhana yang disukai banyak kalangan, seperti beragam jenis varian kopi, milkshake, dan bahkan MENU-menu berbahan utama greentea.

Di samping itu, coffee shop juga menyajikan kudapan ringan yang bisa menemani para pengunjung mencicipi varian minuman yang dipilihnya, seperti kentang goreng, pisang goreng, nasi goreng, mie instan, dan pasta. Bahkan, ada pula beberapa coffee shop yang menjajakan toast bread sebagai menu makanan yang kini tengah banyak populer di Indonesia.


3. Omzet harian yang mudah didapat

Coffee shop umumnya selalu buka setiap hari dari siang hingga malam hari. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika omzet harian dari bisnis ini lebih mudah didapat.

Terlebih, di hari Sabtu-Minggu yang merupakan hari dimana banyak orang yang pergi ke gerai-gerai food and beverage untuk menghabiskan waktu weekend-nya atau sekadar bertemu dan berbincang bersama teman-teman. Hal ini ini tentunya menjadi alasan kuat pemilik usaha coffee shop memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.


4. Merupakan komoditas umum

Kopi merupakan komoditas umum yang populer, bahkan kerap diekspor ke negara-negara tujuan, seperti Brazil, Amerika Serikat, Inggris, China, India, Thailand, Jepang, Malaysia, Hongkok, Sri Lanka, Bangladesh, Iran, Argentina, Turki, Spanyol, Italia dan lain-lain.

Bahkan menurut Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Heru Tri Widarto, jumlah konsumsi kopi domestik di tahun 2020 naik mencapai 294.000 ton dari tahun sebelumnya yang sebesar 258.000 ton.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kopi merupakan produk unggulan yang tidak hanya dicari dan diminati oleh orang luar, namun juga seluruh lapisan masyarakat Indonesia.


5. Tempat yang nyaman

Saat membuka bisnis coffee shop, Anda tidak perlu mengubah dan meletakan berbagai ornamen rumit untuk mengundang para pengunjung. Cukup tawarkan tempat yang nyaman dan sederhana yang berada di lokasi strategis.

Di samping itu, sediakan juga fasilitas penunjang, seperti colokan listrik, AC, dan WiFi gratis yang tentu semakin membuat bisnis usaha Coffee Shop Anda diminati dan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama.

(Eka Cahyani)

Berita terkait
Ini Keuntungan Punya Bisnis Sampingan Saat Jadi Karyawan
Alasan paling jelas dan bisa membawa manfaat saat melakukan bisnis sampingan adalah adanya kesempatan untuk mengasah keterampilan
Ide Bisnis Online Tanpa Modal dan Menguntungkan
Bisnis online kini semakin menjamur dan diminati oleh semua kalangan.
Ide Bisnis Tanpa Modal dengan Skema Dropship
Mari simak sistematis dalam bisnis dropshipping iyu bagaimana, agar Anda mengerti sistemnya.
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.