Wagub DKI: Tingkat Keterisian BOR di Jakarta Lebih 50 %

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit Rujukan Covid-19 DKI melebihi dari 50 persen.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Tagar/Bratanews)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Rumah Sakit rujukan Covid-19 Jakarta melampaui 50 %. Angka ini mengalami peningkatan sekitar 20 % dibandingkan pekan sebelumnya.

"Terkait BOR, di Jakarta data covid-19 kita, BOR kita saat ini, tempat tidur saat ini kapasitas 6.694, terpakai 3.560. Sudah mencapai 53 %, Ruang ICU ada 1.076, terpakai 588. Itu artinya sudah mencapai 52 %," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Juni 2021.

Merujuk data keterisian tempat tidur periode 30 Mei, 2,156 dari total 6.621 tempat tidur isolasi dipakai oleh pasien Covid-19. Dengan kata lain, BOR pada periode ini sebesar 33 %.


Keluarga harus saling memberikan informasi saling melengkapi saling membantu saling mengingatkan agar jangan sembarangan keluar rumah.


Sementara untuk tempat tidur ICU dari total 1,014 unit, sebanyak 381 unit atau 38 % telah terisi. Sehingga, keterisian tempat tidur 106 RS rujukan Covid-19 di Jakarta terlihat mengalami peningkatan lebih dari 50 %.

Riza berharap naiknya tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan dapat menyadarkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dengan tetap menjalankan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam melakukan aktivitas sehari-hari untuk menekan penyebarluasan Covid-19.

Ia juga berharap hal ini dapat dilakukan mulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu keluarga untuk saling mengingatkan soal protokol kesehatan yang telah ditentukan.

"Ini harus menjadi perhatian kita bersama bahwa sekalipun pelaksanaan Covid-19 di Jakarta sudah cukup baik dan cukup banyak, namun masyarakat kami minta tetap laksanakan protokol kesehatan 3M dan melakukan pengetatan di rumah masing masing," ucapnya.

"Jadi harus mulai dari rumah masing masing, keluarga harus saling memberikan informasi saling melengkapi, saling membantu, saling mengingatkan agar jangan sembarangan keluar rumah, dipastikan rumah bersih, jaga jarak dan sebagainya," ujarnya.

Berdasarkan data dari Pemprov DKI per Rabu, 9 Juni 2021, kasus positif Covid-19 di Jakarta bertambah 1.371 orang. Total kasus aktif Covid-19 di Jakarta mencapai 438.458 orang dan sembuh 419.109 orang. []

Berita terkait
Wagub DKI Buka Suara Soal Isu Terima Rumah Mewah
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah tudingan terhadap Anies Baswedan yang menerima rumah mewah dari pengempangan reklamasi.
Bertemu Wagub DKI Riza Patria, Gembong Paparkan Program Kerja IA-ITB
Gembong Primadjaya, Ketua Ikatan Alumni ITB memaparkan sejumlah program kerja IA ITB kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.
Wagub DKI Bantah Wacana Lockdown di Akhir Pekan
Pemprov DKI melalui Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria membantah pihaknya akan menerapkan lockdown di akhir pekan.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Jumat 11 Juni 2021
BMKG menyampaikan peringatan dini waspada potensi hujan disertai kilat, dan petir di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore menjelang malam hari.