UNTUK INDONESIA

Wagub DKI: Total Vaksin Disuntik di Jakarta 174.918 Dosis

Total vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah mencapai sebanyak 174.918 dosis. Tahap pertama 107.459 dosis, dan tahap kedua berjumlah 67.223 dosis.
Salah satu pedagang mendapat suntikan vaksin di Pasar Tanah Abang DKI Jakarta. (Foto: Tagar/Aditya Irawan/NurPhoto via Getty Images)

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria mengatakan hingga saat ini total vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah mencapai sebanyak 174.918 dosis dengan rincian tahap pertama 107.459 dosis, dan tahap kedua berjumlah 67.223 dosis.

"Ini vaksin yang sudah disuntikkan totalnya sudah 174.918 dosis. Total untuk tahap satu dan dua dosisnya," kata Riza di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2021 malam.

Politisi Partai Gerindra itu juga menjelaskan sejumlah vaksinasi Covid-19 itu telah diperuntukkan kepada tenaga kesehatan, 10 ribu pedagang di Pasar Tanah Abang, hingga kelompok lanjut usia (lansia).

Selama proses vaksinasi, lanjut Riza, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI selalu menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Secara teknis kita harus menjaga antrean. Teman-teman wartawan juga harus terbiasa, gimana  dalam suasana seperti ini bisa tetap menjaga jarak. Jadi saya selalu ingatkan untuk kita menjaga 3M," ucapnya.

Riza mengklaim setelah melakukan vaksinasi kepada kelompok lansia, belum terdapat laporan keluhan.

"Mudah-mudahan program vaksinasi nasional yang dicanangkan Pak Jokowi bisa segera memberikan keyakinan pada kita bahwa kita bisa mengurangi dan keluar dari Covid-19 di Indonesia," tuturnya seperti dikutip Antara.

Baca juga: Tujuh Juta Vaksin Covid-19 bagi Lansia Disiapkan Kemenkes RI

Diberitakan Tagar sebelumnya, memasuki tahap kedua, Vaksinasi Covid-19 bakal menyasar kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) berumur 60 tahun ke atas dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi untuk lansia berjumlah tujuh juta dosis akan dimulai di ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia, namun di prioritaskan di Jawa dan Bali.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini tujuh juta vaksin sudah siap untuk didistribusikan dan akan segera sampai di 34 provinsi.

Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa dan Bali sehingga vaksin ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa dan Bali mendapatkan kurang lebih 70 persen dari proporsi vaksin yang ada saat ini.

Pelaksanaan vaksinasi akan diutamakan bagi kelompok lansia yang berada di seluruh wilayah di Provinsi DKI Jakarta serta ibu kota provinsi di 33 provinsi lainnya.

“Jadi selain untuk seluruh kotamadya yang ada di DKI Jakarta, vaksinasi juga akan dilakukan di ibu kota provinsi di 33 provinsi seperti Kota Bandung untuk Provinsi Jawa Barat, Kota Denpasar untuk Bali, Kota Medan untuk Provinsi Sumatra Utara, Kota Makassar untuk Sumatra Selatan dan seterusnya,” ujarnya dalam keterangan pers yang ditayangkan pada kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Jumat, 19 Februari 2021.[]

Berita terkait
Jadwal Vaksinasi Tahap Dua untuk Lansia di Jabar
Kelompok lansia 60-70 tahun mendapat prioritas utama untuk disuntik disusul petugas publik.
Survei: 81 Persen Warga Mau Divaksin Jika Halal
Salah satu temuan survei nasional tersebut yakni 81,9 persen warga akan menerima vaksin Covid-19 hanya jika halal.
20.960 Dosis Vaksin Corona Tahap Dua Tiba di Aceh
Sebanyak 20.960 dosis vaksin Covid-19 tahap ke dua tiba di Aceh.
0
Wagub DKI: Total Vaksin Disuntik di Jakarta 174.918 Dosis
Total vaksinasi Covid-19 di Jakarta sudah mencapai sebanyak 174.918 dosis. Tahap pertama 107.459 dosis, dan tahap kedua berjumlah 67.223 dosis.