UNTUK INDONESIA
Wacana Penghapusan Izin Mendirikan Bangunan
Pengamat Properti sekaligus Direktur Indonesia Property Watch Ali Tranghanda tidak menyetujui rencana pemerintah hapus aturan IMB.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/TheDigitalArtist)

Jakarta - Pengamat Properti sekaligus Direktur Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda tidak menyetujui rencana pemerintah yang akan menghapus aturan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

"Kalau izin gak ada nanti sama aja seperti bangunan liar," kata Ali Tranghanda kepada Tagar, Senin, 23 September 2019. 

Yang harus dipangkas itu proses waktu dan mekanismenya.

Dia meminta kepada pemerintah untuk tidak mewujudkan langkah tersebut, supaya tidak ada hal-hal yang buruk terjadi di tengah masyarakat. "Menurut saya izin tetap harus ada. Bukan IMB-nya yang dihilangkan," ucap dia.

Dia menyarankan pemerintah supaya menyederhanakan aturan IMB saja, sehingga tidak menghambat pengembang. "Yang harus dipangkas itu proses waktu dan mekanismenya," ujarnya. 

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan pemerintah berencana  menghapus aturan Izin Membangun Bangunan ( IMB).

"Sedang dipikirkan regulasi ya, karena konsep izin yang selama ini lebih banyak pelanggarannya," kata Sofyan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat, 20 September 2019. 

Namun, kata dia, substansi pada aturan IMB lebih fokus pada pengawasan dibandingkan surat penerbitan IMB-nya. "Tapi akan keluar nanti apa namanya, sedang dikerjakan. Nah itu yang sedang disiapkan sekarang," ujarnya.[]  

Baca juga:

Berita terkait
Penggusuran Zaman Jokowi vs Zaman Bukan Jokowi
Kenapa zaman Jokowi pembangunan infrastruktur berlangsung cepat dan serentak di seluruh penjuru Tanah Air? Ini rahasianya
Berikan Harga Tinggi, Penggusuran Era Jokowi Lebih Manusiawi
Dana pembayaran tanah warga yang terpakai untuk alihfungsi jalan tol, telah dilunasi oleh Pemerintah Pusat.
Warga Tagih Pemprov DKI Hentikan Penggusuran di Jakarta
Warga tagih Pemprov DKI hentikan penggusuran di Jakarta. "Dulu Anies-Sandi punya janji untuk menghentikan penggusuran atas nama apapun," tuntut Triana.
0
UAS Mengundurkan Diri Sebagai PNS di UIN Suska Riau
UAS resmi mengundurkan diri sebagai PNS di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska), Pekanbaru, Riau.