Virus Corona Ubah Cara Pandang Isu Kesehatan

Fenomena virus corona di kota Wuhan, China berdampak pada cara pandang dunia terhadap isu kesehatan.
Petugas Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menggelar simulasi penanganan virus corona, Kamis, 30 Januari 2020. (Foto: Bandara Ahmad Yani)

Makassar - Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Sudirman menyebutkan fenomena virus corona yang mewabah di Kota Wuhan berdampak pada cara pandang terhadap isu kesehatan dunia.

"Kasus-kasus wabah seperti inilah yang mendorong pendekatan yang disebut Global Health. Jadi isu kesehatan bukan lagi isu medis semata-mata, namun perlu dikaji secara lintas disiplin," kata Sudirman kepada Tagar, Jumat 31 Januari 2020.

Peneliti secara kolaboratif kini sedang bekerja untuk mencari antivirusnya.

Akibat mewabahnya virus corona di Wuhan dan penyebarannya sudah meluas ke sejumlah negara, fenomena ini menjadi bahan perbincangan dunia. Sebab, penyakit berbahaya itu telah banyak menelan korban.

Dosen Universitas Hasanuddin SudirmanDosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Sudirman.(Foto: Tagar/Aan)

"Pemerintah China mengakui terjadinya wabah. Dalam waktu singkat pemerintah membuka data terkait virus ini, sehingga dapat diakses oleh para peneliti di seluruh dunia. Sehingga para peneliti secara kolaboratif kini sedang bekerja untuk mencari antivirusnya," ujar Sudirman.

Sementara, Dosen Ilmu Hubungan Internasional Ishaq Rahman memandang pembahasan virus corona kini sudah menempati peringkat teratas di sosial media. 

Meski secara medis, kata Ishaq, kasus virus corona belum mengkhawatirkan di Indonesia, namun ada dua situasi yang menyebabkan isu ini masif. 

"Pertama, karena ini berkaitan dengan ‘China’, dimana ada sentimen publik yang belum selesai pasca pilpres lalu. Kedua, karena di Wuhan terdapat warga negara Indonesia, perlindungan WNI merupakan mandat konstitusi," tutur Ishaq Rahman. []

Baca juga:

Berita terkait
Virus Corona, Mendag Hati-hati Impor dari China
Pemerintah akan lebih selektif terkait impor makanan dan minuman dari China pasca mewabahnya virus corona di Wuhan.
Virus Corona Sudah Menyebar ke Seluruh Wilayah China
Jumlah korban tewas akibat wabah Novel Coronavirus (2019-nCov) atau virus corona baru, bertambah menjadi 170 orang.
Cegah Virus Corona Warga China di Magelang Diawasi
Antisipasi penyebaran virus corona dilakukan Kota Magelang. Warga asing diawasi, khususnya yang baru balik dari China.
0
Parlemen Eropa Kabulkan Status Kandidat Anggota UE kepada Ukraina
Dalam pemungutan suara Parlemen Eropa memberikan suara yang melimpah untuk mengabulkan status kandidat anggota Uni Eropa kepada Ukraina