UNTUK INDONESIA
Viral TikTok Wisudawan di Yogyakarta Ditonton 2,5 Juta Kali
Viral video TikTok yang ditonton hingga 2,5 juta dalam seminggu. Itu adalah aksi mahasiswa ISI Yogyakarta saat prosesi wisuda yang tampil nyeleneh.
Wisudawan ISI Yogyakarta unjuk diri di depan wisudawan lain saat prosesi penyerahan ijazah (Foto: Tangkap Layar/Tagar/Evi Nur Afiah)

Yogyakarta - Seorang wisudawan tampil nyeleneh saat prosesi penyerahan ijazah kelulusan. Mahasiswa tersebut menggunakan sepatu heels berhak tinggi dengan berlagak bak model yang sedang catwalk di atas panggung.

Tak tanggung-tanggung, aksinya di pertontonkan langsung oleh rektor dan para wisudawan lainnya. Kelakuan wisudawan tersebut sontak membuat seluruh orang yang berada di dalam ruangan ikut tertawa.

Melalui video yang beredar, prosesi wisuda tersebut berasal dari salah satu kampus yang ada di Yogyakarta bernama Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Video tersebut viral di platform video musik TikTok.

Video yang pertama kali dibagikan oleh akun TikTok @Herma Wahyu sudah ditonton 2,5 juta kali, 113 ribu like, 2.177 komentar dan 3.511 dibagikan.

Baca Juga:

Saat dikonfirmasi Tagar, wisudawan tersebut merupakan mahasiswa Jurusan Seni Teater di ISI Yogyakarta. Prosesi wisuda sendiri digelar pada Selasa, 13 Oktober 2020 di Gedung Convert Hall ISI Yogyakarta. "Iya betul yang ada di video itu saya. Kalau yang mengunggah teman. Saya dari Jurusan Seni Teater,” kata pemilik nama panggung Juyes Dardo kepada Tagar saat dikonfirmasi, Rabu, 21 Oktober 2020.

Berdasarkan penuturan pria asal Pasuruan, Jawa Timur ini, bukan tanpa sebab dirinya tampil nyeleneh saat momen bersejarah baginya tersebut. Alasannya karena pengerjaan tugas akhir atau skripsinya membahas soal Androgini (pembagian peran maskulin dan feminin).

Jadi bukan tanpa alasan sih. Biar satu tema dengan topik yang saya angkat di skripsi. Kebetulan saya membahas soal Androgini

Bangga dengan pencapaian dalam menyelesaikan tugas akhir, pria usia 23 tahun ini ingin menjadi Sarjana mutlak dengan cara mengekspresikannya ketika momentum wisuda. “Jadi bukan tanpa alasan sih. Biar satu tema dengan topik yang saya angkat di skripsi. Kebetulan saya membahas soal Androgini,” ucapnya.

Viral TikTok WisudaWisudawan ISI Yogyakarta unjuk diri di depan wisudawan lain saat prosesi penyerahan ijazah (Foto Tangkap Layar/Tagar/Evi Nur Afiah)

Melalui karya skripsinya, Juyes ingin menyampaikan kepada orang banyak khususnya mereka yang sering menyoroti gender, bahwa ada keberagaman manusia dalam berekspresi.

“Selain pengalam pribadi, saya juga ingin mengenalkan bahwa ada jenis makhluk yang memiliki ekspresi dua gender (bukan banci). Saya cuma menyadari bahwa setiap manusia memiliki sisi maskulin dan feminin dalam dirinya masing-masing. Tergantung bagaimana kita memposisikan diri saja,” ujarnya.

Baca Juga:

Namun begitu, Juyes juga tidak membenarkan hal tersebut karena Identitas bangsa yang beradab dan menjunjung tinggi dogma-dogma agama. Sebagai sarjana seni, Juyes hanya memerankan karakter feminin di atas panggung. “Kalau saya sendiri ya, saya masih laki-laki tulen kok,” katanya.

Di sisi lain, saat disinggung tentang kepemilikan sepatu heels tersebut, Juyes tak membantah bahwa sepatu ber hak tinggi identik dimilik perempuan, memang kepunyaannya.

Pria yang berhasil menempuh pendidikannya di tahun kelima ISI Yogyakarta ini, ternyata sudah terbiasa latihan fisik olah tubuh selama di bangku kuliah. Sehingga Juyes sangat lincah memakai heels tersebut. “Iya heels itu memang punya saya sendiri,” tambahnya.

Baca Juga:

Juyes sendiri mengaku tidak hanya dirinya yang bertingkah konyol saat momentum wisuda, beberapa mahasiswa dari fakultas yang sama turut berpartisipasi. Begitu pun dengan pihak kampus tidak melarang mahasiswanya untuk berekspresi.

Menindaklanjuti video tentang dirinya yang sedang viral, sejauh ini banyak mendapat komentar positif. Saat ini video tersebut sudah tersebar di media sosial lainnya. “Sejauh ini komentar yang masuk ke saya pribadi positif sih, ya karena itu semua rekan-rekan yang tahu saya bagaimana,” ucap Juyes. []

Berita terkait
Viral Oknum Satpol PP Rampas Uang Pengemis di Batam
Seorang pengemis yang dipaksa naik ke dalam mobil berplat merah. Pengemis tersebut sempat berontak minta tolong.
Viral! Ambulans Bawa Seserahan Nikah
Sebuah video yang memperlihatkan ambulans hantarkan pengantin dan mengangkut seserahan viral di media sosial
Video Viral Pemuda di Tegal Tak Pakai Masker Maki Polisi
Ditegur karena tak pakai masker, seorang pemuda memaki-maki polisi. Video tersebut jadi viral di media sosial.
0
Ma'ruf Amin: Pesantren Harus Jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi
Wakil Presiden, Maruf Amin ingin mengembangkan pesantren di Tanah Air menjadi pusat pemberdayaan ekonomi.