UNTUK INDONESIA
Viral Balap Lari Liar di Jalan Pahlawan Semarang
Aksi balap lari liar menggejala di Kota Semarang. Malah digelar di Jalan Pahlawan, tepat di depan Kantor Gubernur Jateng.
Potongan gambar dari video aksi balap lari liar yang digelar di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jumat malam, 11 September 2020. (Foto: Instagram/@portalsemarang)

Semarang - Viralnya aksi balapan lari oleh sekelompok pemuda di media sosial menular ke Kota Semarang, Jawa Tengah. Aksi serupa, dengan melibatkan ratusan penonton kaum muda, diduga digelar di Jalan Pahlawan, depan kompleks Gubernuran, Jumat malam, 11 September 2020.

Informasi balap lari tersebut diunggah akun Instagram @portalsemarang, Sabtu, 12 September 2020. "Aksi balap lari di jalan pahlawan semalam 11/9," demikian caption yang menyertai postingan video balap lari tersebut.

Dalam video terlihat aksi balap lari digelar di lajur yang biasa digunakan untuk ke arah selatan atau menuju kawasan Semarang atas. Ratusan anak muda memadati, berkerumun di titik start, tak jauh dari gerbang Kantor Pemprov Jateng. Mereka bersorak-sorai memberi semangat ke pelari jagoannya.

Kami tidak akan tolerir kegiatan itu, akan kami bubarkan.

Tak jelas pukul berapa aksi itu digelar. Namun melihat massa penonton balap lari yang memadati seluruh badan jalan sisi timur di Pahlawan, dimungkinkan balapan dilakukan setelah tengah malam.

Layaknya perlombaan lari pada umumnya, balap lari jalanan yang lagi tren beberapa waktu terakhir di masa pandemi ini juga ada titik start dan finish yang telah disepakati. 

Hanya saja, pesertanya hanya dua pelari. Mereka head to head, adu cepat tiba di garis akhir. Bisa dibilang ini adalah perlombaan drag race ala pelari.

Ragam tanggapan netizen langsung memenuhi kolom komentar postingan tersebut. Mayoritas menyayangkan munculnya kerumunan massa balap lari di tengah pandemi yang bisa membuat penyebaran corona tak terkendali.    

"Semarang padet, banyak yg pada inisiatif meninggal. Aw gemesh," tulis @***ken.

"Semarang PSBB (Playon Sek Ben Bahagia)," kata @ob*** disertai emot tertawa.

Baca lainnya: 

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Semarang Fajar Purwoto menyayangkan aksi balap lari liar tersebut. Selain dipastikan ilegal, aksi itu juga memicu munculnya kerumunan dan berpotensi menjadi sarana penyebaran Covid-19.

"Tolong jangan pandang remeh penyebaran Covid-19. Silakan beraktivitas sesuai ketentuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dan protokol kesehatan. Kami tidak akan tolerir kegiatan itu, akan kami bubarkan," ucap dia. [] 

Berita terkait
Polres Tangsel Tindak Balap Lari Liar Sesuai Perwal
Jagat media sosial sedang dihebohkan postingan video yang mirip dengan balap liar di Kota Tangerang.
Aksi Balap Lari Liar Mulai Masuki Kota Tangerang
Bukan balapan liar dengan sepeda motor, tetapi di Tangerang anak muda berkerumun kemudian berlari.
Klarifikasi Balap Liar di Underpass YIA Kulon Progo
Pelaku balap mobil di Underpass YIA Kulon Progo klarifikasi aksinya bukan balapan liar. Pengambilan video yang viral untuk syuting internal.
0
Sebut Monyet di Facebook, Wanita Ini Dituntut Penjara
Seorang wanita yang menulis kata monyet dan ditujukan kepada wanita lainnya via akun Facebook dituntut penjara 1 tahun 6 bulan.