UNTUK INDONESIA

Variasi Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi yang Nikmat dan Lezat

Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi memiliki variasi dalam pengolahannya untuk disajikan. Salah satunya variasi nasi bakar.
Sajian nasi bakar ayam kemangi. (Foto : Resepkoki)

Jakarta – Nasi yang berasal dari beras memiliki sumber karbohidrat yang tinggi sehingga banyak masyarakat Indonesia menjadikannya sebagai makanan pokok utama dalam kehidupan sehari-hari. Warna nasi dapat berbeda-beda tergantung jenis beras atau pengolahannya yang berbeda. 

Variasi dalam olahan nasi juga bermacam-macam seperti, nasi goreng, nasi kuning, nasi kebuli, hingga nasi bakar. Nasi juga dapat disajikan menjadi camilan makanan lainnya seperti, sushi, onigiri, lontong, bubur dan sebagainya.

Baca Juga:

Variasi olahan nasi yang telah disebutkan tadi terus dikembangkan oleh masyarakat dengan berbagai jenis topping dalam penyajiannya, salah satunya ialah nasi bakar. Nasi bakar memiliki isi topping yang berbeda-beda sesuai selera yang diinginkan. Ada yang menggunakan isi ayam, ikan, atau pun cumi. Berikut resep nasi bakar ayam kemangi yang dilansir oleh Tagar dari Resepkoki untuk 7 porsi.

Terdapat beberapa bahan yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum memasak. Yang pertama, bahan untuk nasi yaitu, beras sebanyak 4 gelas yang telah dicuci bersih, 2 lembar daun salam, 1 batang serai cukup ambil bagian putihnya, 65 ml santan instan, air dan garam secukupnya.

Nasi Bakar KuningPotret sajian variasi lainnya, nasi bakar kuning. (Foto : Instagram/sukmawati_rs)

Lalu bahan-bahan untuk ayam yaitu, 250 gram ayam fillet yang telah dicuci bersih, 2 lembar daun salam, 3 lembar daun jeruk, 1 batang serai yang telah di geprek, 1 ikat daun kemangi, 150 ml air, garam serta kaldu bubuk secukupnya, minyak goreng, dan daun pisang untuk pembungkus secukupnya.

Selanjutnya terdapat bahan-bahan untuk bumbu halus di antaranya, 8 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 10 buah cabai merah keriting, 5 buah rawit merah, 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe, 2 sendok makan air asam jawa, 1 sendok makan gula merah sisir, dan ½ sendok teh merica bubuk. 

Langkah pertama dalam membuat nasi bakar ini adalah campur seluruh bahan untuk memasak nasi dalam satu wadah. Setelah itu, masak di dalam rice cooker hingga matang.

Nasi Bakar AyamPotret nasi bakar jika dihidangkan bersama ayam goreng. (Foto : Instagram/waroenkwmpb17)

Kemudian sambil menunggu nasi matang, rebus ayam dengan selembar daun salam hingga matang. Setelah itu tiriskan dan jadikan daging ayam menjadi bentuk suwir-suwir, lalu sisihkan. 

Jika sudah, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, daun jeruk, dan serai hingga tercium bau harum. Setelah itu, masukkan ayam suwir ke dalam tumisan dan aduk semuanya secara merata.

Bila sudah, tambahkan sedikit air ke dalamnya dan biarkan agak mendidih. Jika dirasa sudah agak mendidih, beri garam dan kaldu bubuk, lalu aduk kembali hingga rata. Masak hingga kuah yang berada di dalamnya agak menyusut. 

Jangan lupa untuk memasukkan daun kemangi saat masakan terlihat sedikit lagi matang, lalu aduk kembali sebentar. Jika sudah selesai, siapkan daun pisang, dan letakkan nasi yang sudah matang untuk digulung dan dipadatkan.

Baca Juga:

Dalam gulungan nasi tersebut, tata ayam kemangi di atasnya, lalu bungkus dengan balutan daun pisang yang disiapkan tadi. Lakukan hal demikian hingga bahan-bahan tersebut telah habis dan siap untuk proses akhir. 

Bakar nasi yang telah diisi dan dibungkus dalam daun hingga warna daunnya berubah menjadi kecoklatan atau kering. Jika sudah, nasi bakar pun siap disajikan dan disantap. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Bikin Nasi Goreng ala Anak Kos Cukup dengan Rice Cooker
Cukup dengan rice cooker dan bumbu yang digunakan, ada resep praktis dalam membuat nasi goreng, khususnya untuk anak kos. Begini caranya.
Resep Nasi Kuning Bakar Praktis Menu Andalan Keluarga
Nasi kuning bakar tentu telah menjadi makanan favorit kebanyakan orang mulai dari anak-anak hingga dewasa. Berikut resepnya.
Nasi Goreng Bakar, si Pedas dari Bantaeng
Jika ingin jalan-jalan ke kota Bantaeng, cobalah Nasi Goreng Bakar di Warung Kampung Toa, dijamin rasanya tak akan mengecewakan.
0
Variasi Resep Nasi Bakar Ayam Kemangi yang Nikmat dan Lezat
Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi memiliki variasi dalam pengolahannya untuk disajikan. Salah satunya variasi nasi bakar.