UNTUK INDONESIA

Bikin Nasi Goreng ala Anak Kos Cukup dengan Rice Cooker

Cukup dengan rice cooker dan bumbu yang digunakan, ada resep praktis dalam membuat nasi goreng, khususnya untuk anak kos. Begini caranya.
Potret sajian nasi goreng seafood. (Foto : Instagram/shareforfoodies)

Jakarta – Setelah rendang, salah satu ikon makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia adalah nasi goreng. Berbeda dengan nasi goreng negara lain, aroma khas Indonesia lebih kental dan rasanya lebih kuat. Menyantap nasi goreng biasanya bersama dengan kerupuk dan bawang goreng yang memberikan rasa renyah. Ada beberapa variasi bahan, resep, dan rasa nasi goreng saat ini.

Antara lain, nasi goreng kecap, nasi goreng kampung, nasi goreng seafood, nasi goreng ayam, dan sebagainya. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Bagi anak kos, membuat nasi goreng dengan bumbu yang beragam akan terasa sulit. Selain itu perabotan setelah digunakan masak nasi goreng juga perlu dirapikan.

Baca Juga:

Tetapi, tidak perlu risau, karena nasi goreng ternyata dapat dibuat hanya dengan menggunakan rice cooker, loh! Berikut resep nasi goreng ala anak kos yang praktis hanya dengan menggunakan rice cooker, namun tetap terasa nikmat serta bergizi.

Sebelum memasak, terdapat bahan-bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Bahan-bahannya adalah 1 cangkir beras, 1 buah wortel, 2 buah tahu, 3 buah bakso, 2 buah cabai rawit merah (bisa disesuaikan dengan tingkat pedas), 1 buah tomat, 2 siung bawang merah, penyedap rasa, kecap manis secukupnya, kaldu ayam secukupnya, minyak sayur secukupnya, dan minyak sayur secukupnya. Sedangkan untuk alat memasak, cukup menggunakan rice cooker, tanpa perlu penggorengan atau kompor.

Perlu digarisbawahi, bahwa bahan-bahan yang dijabarkan di atas tadi, dapat diubah sesuai dengan selera dan porsi yang diinginkan. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengiris cabai, bawang, tomat, dan wortel menjadi bentuk yang tipis-tipis. Selanjutnya, potong bakso dan tahu menjadi bentuk dadu, atau sesuai dengan selera. Jika bahan-bahan tadi telah terpotong dan teriris, cuci secangkir beras sebanyak dua kali proses pencucian.

Baca Juga:

Tidak perlu melakukan proses pencucian beras lebih dari dua kali, karena beras akan menjadi bersih, namun kandungannya tidak hilang. Setelah dicuci dan dikuras airnya, masukkan beras, cabai, bawang, tomat, wortel, bakso, dan tahu ke dalam rice cooker untuk proses memasak. Masukkan juga air secukupnya, penyedap rasa dan sedikit minyak sayur. Kemudian aduk-aduk bahan-bahan yang di dalam rice cooker hingga merata.

Tutup lalu nyalakan rice cooker untuk memulai proses memasak. Tunggu selama 10 menit, lalu aduk-aduk kembali, dan tutup rice cookernya lagi. Jika sudah menunggu beberapa waktu, cek kembali isi dalam rice cooker apakah sudah matang. Jika sudah, sajikan nasi goreng tersebut di piring. Nasi goreng ala anak kos pun siap untuk disantap. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Lihat Aksi Kapolda Sulsel Masak Nasi Goreng Kesukaannya
Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Merdisyam memiliki keahlian memasak nasi goreng, simak penjelasannya.
Resep Nasi Goreng Seafood Ala Solaria
Bosan dengan menu nasi goreng yang itu-itu saja? Berikut cara membuat nasi goreng seafood yang tidak kalah lezatnya dengan restoran ternama.
Resep Nasi Goreng Padang Pengingat Kampung Halaman
Selain dikenal dengan beragam makanan khasnya, ternyata Padang juga memiliki olahan nasi goreng yang populer. Berikut resepnya.
0
Bikin Nasi Goreng ala Anak Kos Cukup dengan Rice Cooker
Cukup dengan rice cooker dan bumbu yang digunakan, ada resep praktis dalam membuat nasi goreng, khususnya untuk anak kos. Begini caranya.