UNTUK INDONESIA

Variasi Camilan Kue Pie Pisang Cokelat Keju

Kue pie, satu camilan yang dibuat dengan dipanggang. Banyak variasi kue pie yang dapat dijumpai saat ini, seperti rasa pisang cokelat keju ini.
Bentuk dari kue pie pisang coklat keju ketika siap untuk disantap. (Foto: Tastemade)

Jakarta – Kue pie (dibaca pai) dalam bahasa Belanda disebut Pastei. Biasanya makanan ini terdiri dari kulit kue kering yang diisi aneka ragam rasa seperti buah, daging, sayur atau pun selai. Ada juga yang menyajikan pie ini bersamaan dengan topping es krim di atasnya dengan sebutan à la mode.

Kali ini pie yang akan disajikan menggunakan topping manis dan gurih serta menyehatkan. Kandungan buah pada topping pisang akan menyeimbangkan komposisi makanan pie tersebut. 

Baca Juga:

Tidak perlu susah-susah untuk mencicipi makanan ini, karena Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut resep mudah untuk membuat pie pisang cokelat keju untuk satu porsi yang dilansir oleh Tagar dari Tastemade.

Pertama, buat adonan untuk kulit pie terlebih dahulu. Uleni tepung terigu sebanyak 300 gram bersama dengan 30 ml air, ¼ sendok teh garam, dan 160 gram mentega. Setelah itu kocok semua bahan hingga adonan tercampur secara merata. Bentuk adonan yang sudah merata dalam cetakan dan sisakan Sebagian adonan untuk membuat bagian penutup topping pie.

Kue PieProses pencampuran seluruh bahan isian untuk kue pie pisang coklat keju. (Foto : Tastemade)

Lalu buat bahan isian atau topping yang akan digunakan pada kue pie tersebut. Masak susu cair sebanyak 150 ml dan 1 sendok teh tepung pati jagung hingga mengental. Jika dirasa sudah cukup mengental, angkat dan sisihkan. Beralih pada bahan isian lainnya, ambil sebuah mangkuk, iris pisang sebanyak dua buah, lalu masukkan dalam mangkuk.

Baca Juga:

Tambahkan 60 gram coklat parut, 60 gram keju parut, 25 gram gula palem bubuk dan masakan susu tadi pada mangkuk yang terisi irisan pisang. Aduk rata semua bahan isian yang ada pada dalam mangkuk. Lalu bahan isian tersebut diisikan ke dalam pie yang sudah dicetak tadi dan tutup dengan sebagian sisa adonan yang sudah dibentuk untuk penutup topping.

Setelah itu, oleskan kocokan telur pada seluruh permukaan atas kue pie yang akan dipanggang secara merata. Panggang kue pie tersebut pada oven selama kurang lebih 20 menit pada suhu 180℃. Jika sudah, kue pie tersebut pindahkan ke piring saji dan siap untuk disantap sebagai cemilan di rumah. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep dan Cara Mudah Bikin Kue Rambutan Khas Manado
Kue rambutan, bahan dasarnya bukan dari buah rambutan. Tapi bentuknya mirip buah berbulu tersebut. Begini cara membuat kue khas Manado ini.
Resep Kue Cubit, Camilan di Rumah
Kue Cubit merupakan jajanan legendaris tradisional yang populer di Jakarta dan sekitarnya, berikut resep dan cara membuatnya.
Resep Kue Pancong, Berbeda dengan Kue Pukis
Kue pancong adalah makanan khas Betawi yang dapat dijadikan salah satu rekomendasi camilan enak dan lezat. Berikut cara membuatnya di rumah.
0
Variasi Camilan Kue Pie Pisang Cokelat Keju
Kue pie, satu camilan yang dibuat dengan dipanggang. Banyak variasi kue pie yang dapat dijumpai saat ini, seperti rasa pisang cokelat keju ini.