UNTUK INDONESIA

Resep dan Cara Mudah Bikin Kue Rambutan Khas Manado

Kue rambutan, bahan dasarnya bukan dari buah rambutan. Tapi bentuknya mirip buah berbulu tersebut. Begini cara membuat kue khas Manado ini.
Kue rambutan dengan variasi topping. (Foto: Tagar/Instagram/tastemadeindonesia)

Jakarta – Rambutan merupakan salah satu jenis buah yang memiliki bulu di bagian kulitnya. Jarang banyak orang mengetahui, bahwa terdapat kue yang bentuknya mirip dengan buah rambutan.

Walaupun namanya kue rambutan, kue ini tidak berbahan dasar dari buah rambutan. Melainkan karena bentuknya sangat menyerupai buah rambutan. Kue ini menjadi salah satu khas makanan dari Kota Manado

Baca Juga:

Biasanya masyarakat sana menjadikan kue rambutan ini menjadi salah satu makanan wajib yang dihidangkan pada acara-acara besar tertentu seperti hari raya atau Lebaran dan juga acara keluarga.

Dengan paduan tekstur yang renyah dan rasa manis pahitnya dari coklat, beberapa pengusaha makanan menyajikan kue ini sebagai makanan ringan seperti kue kering yang berada pada toples. Berikut resep mudah membuat kue rambutan sebanyak 12 porsi yang dilansir oleh Tagar dari Tastemade.

Kue RanbutanKue rambutan dalam sajian seperti kue kering. (Foto: Tagar/Instagram/kuekeringtanganibu)

Pertama, buat adonan dengan mengocok mentega sebanyak 180 gram dan 100 gram gula halus sampai tercampur rata. Masukkan 1 butir kuning telur, kemudian kocok kembali bersama mentega dan gula halus tadi. Lalu masukkan tepung terigu sebanyak 300 gram dan 50 gram tepung pati jagung dan aduk hingga semua adonan tadi tercampur secara merata.

Jika sudah tercampur semua, ambil sebagian adonan untuk dibentuk bulat kecil-kecil seperti seukuran buah rambutan. Lakukan hal itu hingga adonan habis tak tersisa. Selanjutnya, bulatan-bulatan adonan tersebut dipanggang dengan suhu sebesar 175℃ dengan durasi waktu selama 10-15 menit hingga matang.

Baca Juga:

Sembari menunggu adonan dalam panggangan matang, lelehkan cokelat sebagai topping adonan jika sudah jadi. Sajikan lelehan cokelat pada wadah terpisah dengan topping lainnya yaitu kelapa kering. Jika adonan sudah matang, baluri bentuk bulatan-bulatan tersebut dengan memasukkannya pada wadah cokelat terlebih dahulu.

Jika sudah terbalut cokelat secara menyeluruh, pindahkan ke wadah topping selanjutnya yaitu kelapa kering. Bisa juga menambahkan topping lainnya seperti meses, sesuai selera. Lakukan hal yang serupa pada adonan-adonan lainnya. Jika sudah dilumuri topping, maka kue rambutan pun telah siap disantap pada piring saji. (Hafidjah Nuraulia S)

Berita terkait
Resep Donat Kentang Lezat Tanpa Oven
Berikut cara membuat donat kentang yang lembut tanpa oven untuk camilan di rumah atau ide jualan Anda.
Resep Minuman Coffee Latte Ala Cafe, Favorit Banyak Orang
Berikut resep coffee latte ala cafe tanpa menggunakan mesin yang menjadi favorit banyak orang.
Resep Budae JJigae untuk Tahun Baru, Sup Pedas Korea Halal
Yuk rayakan malam tahun baru bersama keluarga di rumah dengan menghidangkan Budae JJigae, berikut resepnya.
0
Resep dan Cara Mudah Bikin Kue Rambutan Khas Manado
Kue rambutan, bahan dasarnya bukan dari buah rambutan. Tapi bentuknya mirip buah berbulu tersebut. Begini cara membuat kue khas Manado ini.