Upah Minimum Tak Naik, DPR Minta Menaker Pakai Prinsip Keadilan

Anggota Komisi IX DPR, Lucy menilai kebijakan Menaker seolah-olah menganggap semua sektor bisnis mengalami kesulitan selama pandemi Covid-19.
Anggota Komisi IX dari Fraksi Partai Demokrat DPR, Lucy Kurniasari. (Foto: Tagar/Instagram @ning_lucy.surabaya)

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR, Lucy Kurniasari menilai Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah tidak menaikkan upah minimum 2021 terlalu menggeneralisasikan.

Lucy mengatakan, kebijakan yang dilakukan Menaker seolah-olah menganggap semua sektor bisnis mengalami kesulitan selama pandemi Covid-19.

Dengan cara itu prinsip keadilan lebih terpenuhi baik bagi pengusaha maupun bagi pekerja

"Padahal ada beberapa sektor bisnis yang meraup keuntungan di masa pandemi covid-19. Sektor bisnis makanan dan minuman, penjualan kebutuhan pokok, sektor kesehatan, usaha jasa pendidikan dan pelatihan, bisnis digital, serta agrobisnis, dapat dikatakan tetap eksis selama pandemi," kata Lucy melalui keterangannya kepada Tagar, Kamis, 29 Oktober 2020.

Lantas, ia meminta supaya Menaker dapat memilih jenis usaha yang terdampak dan tidak terdampak akibat adanya persoalan virus corona ini.

"Dari pemilahan ini baru ditentukan perusahaan jenis usaha mana saja yang gajinya tetap dan mana yang dinaikkan. Jadi, keputusan Menaker berlaku secara proporsional. Dalam hal ini saya sependapat dengan keinginan serikat buruh," ujarnya.

Tak hanya itu, politisi Partai Demokrat ini berharap surat edaran Menaker segera dicabut, dan menggantinya dengan keputusan yang lebih proporsional.

"Dapat juga keputusan diserahkan kepada setiap gubernur dengan memperhatikan pemetaan perusahaan berdasarkan jenis usaha yang terdampak dan tidak terdampak pandemi Covid-19," kata dia.

Menurutnya, menyerahkan keputusan tersebut kepada Gubernur akan lebih realistis mengingat kadar dampak pandemi covid-19 di setiap provinsi berbeda, termasuk juga jenis usahanya.

"Dengan cara itu prinsip keadilan lebih terpenuhi baik bagi pengusaha maupun bagi pekerja," ucap Lucy.[]

Berita terkait
Upah Minimum 2021 Tak Naik, Menaker: Perusahaan Tak Mampu Bayar
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengungkapkan alasan upah minimuh pekerja/buruh tahun 2021 tidak naik.
SE Menaker Sebut Upah Minimum Tak Naik, Begini Reaksi Ganjar
SE Menaker minta upah minimum 2021 tak naik. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan akan mengkaji dengan pihak terkait.
Makin Banyak Baliho Rizieq Shihab, Demokrat: Beliau Tokoh Agama
Baliho Habib Rizieq Shihab makin banyak dengan kabar kepulangan ke RI. Menurut politisi Demokrat Mujiyono, pentolan FPI itu memang tokoh agama.
0
Kursi Pelatih Real Madrid Panas Muncul Nama Carlo Ancelotti
Pelatih Everton itu bisa menemukan dirinya kembali di Estadio Santiago Bernabeu yang dikaitkan dengan kembalinya Real Madrid yang sensasional