Umat Islam Wajib Tahu, Ini 5 Doa saat Turun Hujan

sebagai hambanya yang bertakwa, kita harus menyikapi hujan dengan bijak dan melakukan sunnah-sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.
Ilustrasi berdoa saat hujan (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Hujan adalah salah satu bentuk rahmat dan nikmat Allah SWT. kepada hambanya di dunia. Namun beberapa hambanya masih banyak yang mengeluh perihal kedatangan hujan secara tiba-tiba.

Padahal, di dunia ini segala sesuatu yang datang dan terjadi tidak ada yang sia-sia. Semua yang terjadi pasti terdapat hikmah di dalamnya, tak terkecuali dengan hujan

Oleh sebab itu, sebagai hambanya yang bertakwa, kita harus menyikapi hujan dengan bijak dan melakukan sunnah-sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Saat hujan pula, doa kita lebih mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadis dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda terkait hal tersebut:

“Dua doa yang tidak akan ditolak: do’a ketika adzan dan do’a ketika ketika turunnya hujan.” (HR Al Hakim dan Al Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan. Lihat Shohihul Jaami’ no 3078).


1. Doa saat Turun Hujan

Doa ketika hujan telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam Hadis Riwayat Bukhari No 1032 dari Ummul Mukminin, Aisyah RA saat berkata, “Nabi SAW ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucap ‘allahumma shoyyiban nafi’an’.”

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Allahumma shayyiban nafi’an."

Artinya: “Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat.”


2. Doa Ketika Hujan Lebat

Doa ini dibaca ketika hujan yang turun semakin lebat, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan terjadinya dampak-dampak yang tidak diinginkan. Dalam Hadis Al-Bukhari di Kitab Awal Penciptaan, Rasulullah SAW pernah membaca:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.”

Artinya: “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim).


3. Doa Ketika Hujan disertai Angin Kencang

Diriwayatkan dalam hadis Imam Muslim, Rasulullah SAW. pernah berdoa saat hujan disertai angin kencang, berikut doanya.

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

“Allahumma inni as aluka khairahaa wa khaira maa fiiha khaira maa ursilat bih, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, serta kebaikan yang Engkau sertakan kirimkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, serta kejahatan yang Engkau krimkan bersamanya.” (HR Muslim).


4. Doa Ketika Hujan Disertai Petir

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Malik, Rasulullah SAW. pernah berdoa saat hujan disertai dengan petir sebagai berikut.

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

“Subhanallazi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Masa Suci Allah yang dengan memuji-Nya, bertasbihlah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya,” (HR Malik).


5. Doa Setelah Hujan

Manusia harus mensyukuri atas hujan yang diturunkan Allah SWT. karena hal tersebut merupakan berkah bagi kehidupan manusia. Diriwayatkan dalam hadi Bukhari, berikut doanya.

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”

Artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.” (HR Bukhari).[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Kenali Kesalahan Menyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras
Masih banyak sekali pengendaraan mobil yang menyalakan lampu hazard atau lampu darurat pada saat hujan deras di jalan tol. Ini akibatnya.
5 Jenis Olahraga yang Cocok Saat Musim Hujan
Olahraga juga berguna untuk tetap menjaga imun tubuh stabil, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
Prediksi 5 Hujan Meteor Hingga Penghujung 2021
Hujan meteor merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Berikut prediksi hujan meteor.
0
Umat Islam Wajib Tahu, Ini 5 Doa saat Turun Hujan
sebagai hambanya yang bertakwa, kita harus menyikapi hujan dengan bijak dan melakukan sunnah-sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.