5 Jenis Olahraga yang Cocok Saat Musim Hujan

Olahraga juga berguna untuk tetap menjaga imun tubuh stabil, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
Ilustrasi Yoga Indoor (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Olahraga adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga juga berguna untuk tetap menjaga imun tubuh stabil, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tetapi ketika musim hujan, melakukan olahraga di luar ruangan adalah suatu hal yang sulit. Kondisi hujan yang dingin juga membuat tubuh menjadi malas untuk bergerak. Padahal olahraga sangat penting untuk tetap menjaga kebugaran tubuh meski musim hujan sekalipun.

Namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Masih banyak alternatif olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan seperti yang sudah dirangkum berikut ini.


1. Aerobik

Senam aerobik menjadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan ketika musim hujan. Aerobik sangatlah cocok untuk kamu yang menginginkan gerakan yang cukup banyak. Senam ini bermanfaat untuk membakar lemak, menjaga stamina, dan meningkatkan fungsi jantung. Untuk melakukan senam ini, kamu hanya memerlukan ruangan yang cukup dan musik, lalu kamu bisa memulai bergerak dengan mengikuti iramanya.


2. Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga dengan berfokus pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Olahraga yoga bermanfaat untuk menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa, sehingga membuat kamu menjadi lebih rileks. Selain itu, yoga juga dapat membuat tubuh semakin fleksibel dan memperbaiki postur tubuh,


3. Skipping (Lompat Tali)

Untuk melakukan olahraga ini, hanya dibutuhkan tali yang cukup tinggi dengan badanmu atau kamu dapat membeli tali skipping. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapabilitas, menurunkan berat badan, menambah tinggi badan, mengencangkan otot, dan mencegah osteoporosis.


4. Squat Jump (Lompat Kodok)

Squat jump adalah salah satu olahraga yang dapat dilakukan tanpa menggunakan alat apapun. Kamu hanya perlu berloncat diikuti dengan kaki yang maju mundur saling bergantian. Olahraga jenis ini dapat memberikan tekanan pada otot paha dan betis. Sehingga bermanfaat untuk membangun energi pada otot, membentuk pinggul, membentuk otot tubuh, dan mengoptimalkan pembakaran lemak.


5. Push Up dan Sit Up

Olahraga ini juga termasuk olahraga yang mudah dan tidak membutuhkan alat apapun. push up dan sit up sangat berguna untuk bertujuan untuk memperkuat otot punggung, perut, lengan depan, dan dada. Jika dilakukan dengan benar, olahraga ini mampu membakar kalori lebih banyak pada tubuh.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Prestasi Olahraga Payah, Kadisparpora Subang Harus Dicopot
Koordinator Provinsi Jawa Barat Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute) Bangkit Akbar Gemilang kecewa dengan rendahnya kualitas olahraga.
Perut Buncit? Berikut Olahraga untuk Mengecilkan Perut
Timbunan lemak di perut akan mengakibatkan munculnya beragam penyakit, sehingga harus dilakukan olahraga untuk membakar lemak perut.
Waktu Tepat Berolahraga Turunkan Berat Badan
Berolahraga membutuhkan waktu yang tepat untuk mendapatan hasil maksimal saat menurunkan berat badan.
0
5 Jenis Olahraga yang Cocok Saat Musim Hujan
Olahraga juga berguna untuk tetap menjaga imun tubuh stabil, agar terhindar dari berbagai macam penyakit.