Prediksi 5 Hujan Meteor Hingga Penghujung 2021

Hujan meteor merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Berikut prediksi hujan meteor.
Ilustrasi - Hujan Meteor. (Foto: Tagar/LovePik)

Jakarta - Hujan meteor merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi

Berdasarkan laman resmi infoAstronomy, dan laman resmi instagram @infoastronomy, diprediksi masih ada 5 hujan meteor yang akan datang di bulan Oktober hingga penghujung tahun 2021.

Tidak perlu khawatir, fenomena hujan meteor bukanlah sebuah fenomena berbahaya yang harus diantisipasi. Justru, jika berada di lokasi pengamatan yang cerah dan bebas polusi, fenomena hujan meteor akan menjadi momen yang sangat indah untuk disaksikan.

Hujan meteor dapat terjadi karena Bumi memasuki bekas jalur orbit sebuah komet atau asteroid yang berisi banyak puing-puing komet. Kemudian, puing-puing komet tersebut masuk dan terbakar sebagai meteor. Setelah terbakar, ukurannya akan menjadi sangat kecil sehingga tidak membahayakan Bumi.

Berikut 5 prediksi jadwal fenomena hujan meteor yang bisa dicatat untuk disaksikan ketika tiba harinya.


1. 8-9 Oktober 2021 (Hujan Meteor Drakonid)

Muncul dari arah rasi bintang Drako, dapat diamati sejak pukul 19.00 waktu setempat. Namun akan lebih jelas diamati setelah tengah malam.


2. 21-22 Oktober 2021 (Hujan Meteor Orionid)

Muncul dari arah rasi bintang Orion, akan terbit sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Hujan meteor ini dapat disaksikan hingga matahari mulai terbit.


3. 17-18 November 2021 (Hujan Meteor Leonid)

Muncul dari arah rasi bintang Leo, paling jelas diamati mulai pukul 03.00 dini hari waktu setempat ketika titik radian sudah tinggi di atas cakrawala timur.


4. 13-14 Desember 2021 (Hujan Meteor Geminid)

Muncul dari arah rasi bintang Gemini, merupakan hujan meteor dengan intensitas tertinggi setiap tahunnya. Dapat diamati mulai pukul 22.00 hingga matahari terbit.


5. 22-23 Desember 2021 (Hujan Meteor Ursid)

Muncul dari arah rasi bintang Ursa Minor di langit utara, hujan meteor Ursid dapat diamati mulai pukul 04.00 dini hari hingga matahari terbit.

Untuk menyaksikan fenomena hujan meteor, tidak dibutuhkan teleskop maupun binokuler. Sebab meteor-meteor bergerak sangat cepat di langit, dan justru akan lebih jelas disaksikan dengan mata telanjang. 

Cukup pastikan bahwa fenomena ini diamati saat cuaca sedang cerah, diamati mulai dini hari dan tidak mengamati di tengah-tengah kota besar.

(Risma Perdana Izzati)

 

Berita terkait
BMKG Rilis Prakiraan Gelombang Tinggi 14 – 15 September 2021
Gelombang tinggi berpeluang terjadi di sejumlah wlayah di Indoesia.
BMKG : Sejumlah Wilayah di Indonesia Diguyur Hujan Lebat
Kehadiran daerah konvergensi memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan.
BMKG Sebut Wilayah Ini Mulai Alami Kekeringan Ekstrem
Pada dasarian I September 2021 ini, kata dia, sebagian besar wilayah Jawa Tengah berada dalam kondisi dengan curah hujan kategori ringan.
0
Prediksi 5 Hujan Meteor Hingga Penghujung 2021
Hujan meteor merupakan fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Berikut prediksi hujan meteor.