Twitter Jadi Sarana Promosikan Merek ke Pelanggan

Twitter menjadi sarana perusahaan pemilik merek untuk mendekatkan diri pada konsumen di dunia maya.
Logo Twitter

Jakarta - Twitter menjadi sarana promosikan perusahaan pemilik merek untuk mendekatkan diri kepada pelanggan di dunia maya lewat persona yang diekspresikan melalui cuitan-cuitan.

Awalnya platform media sosial itu hanya dimanfaatkan sebagai ajang promosi, namun belakangan dianggap jadi peluang besar untuk menjalin kedekatan dengan warganet.

Head of Community and Social Marketing Traveloka Veriyanta Kusuma mengatakan, perubahan pola pemanfaatan itu terjadi sejak perusahaan tempatnya bernaung membuat diversifikasi produk, bukan sekadar agen wisata dalam jaringan (online) yang mengurusi tiket pesawat serta hotel.

"Dari tempat promosi saja, jadi cuitan yang informatif dan inspiratif," kata Veriyanta dalam bincang-bincang "LifeonTwitter", Jakarta, dikutip dari Antara, Kamis, 26 September 2019.

Hal serupa diungkapkan oleh Senior Social Media Manager Tokopedia Radhitia Pradana yang mengatakan Twitter telah menjadi tempat untuk mendekatkan diri dan mencari tahu apa yang diinginkan konsumen.

Akun resmi Tokopedia dan Traveloka di Twitter pun aktif merespons cuitan warganet serta ikut nimbrung saat ada isu-isu yang sedang ramai diperbincangkan, lalu menimpalinya dengan gaya humoris.

Untuk bisa bergabung membicarakan isu terkini, tim media sosial di Tokopedia misalnya, terdiri atas orang-orang yang ahli di bidang berbeda, dari K-pop hingga olahraga, sehingga dapat langsung merespons cuitan dengan cepat dan tepat.

Sementara, Senior Client Partner Twitter Indonesia Leo Wirendra mengemukakan setiap perusahaan pemilik merek bisa ikut meramaikan momen hangat di Twitter tanpa kesulitan bila identitas merek sudah terbentuk sempurna.

"Bila kita sudah tahu tujuan brand (merek), akan mudah diturunkan ke teknis hingga konten," kata dia.

Dia lantas menyarankan agar pemilik merek memetakan momentum-momentum yang penting dan relevan bagi mereka bila ingin mencuitkannya di linimasa. Termasuk, merencanakan konten untuk kegiatan terjadwal misalnya peringatan Hari Kemerdekaan.

Di luar itu, pemilik merek pun harus siap mengantisipasi bila ada isu hangat yang muncul secara spontan. []


Berita terkait
Jack Dorsey, Pendiri Twitter
Jack Patrick Dorsey merupakan pendiri Twitter lahir dan besar di St. Louis, Missouri. 21 Maret 2006, Dorsey mempublikasikan pesan Twitter pertama.
Akun Twitter Diblokir Usai Mengoreksi Hoaks Mbah Maimun
Akun Twitter milik Politikus muda PSI Dedek Prayudi diblokir Haikal Hassan karena dianggap menyebar hoaks dan politisir Mbah Moen.
Ponsel Pintar Huawei Nova 5T Segudang Fitur Premium
Huawei Nova 5T mengandalkan empat kamera belakang dengan kamera utama 48MP bersensor Sony.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.