Traveling ke Alam Terbuka Ternyata Bisa Bantu Kurangi Depresi dan 5 Hal Ini

Traveling ke alam terbuka selalu menjadi pilihan yang asik. Mau tau alasan kesehatan kenapa harus traveling ke alam terbuka.
Pantai Air Manis, salah satu objek wisata yang ada di Padang, Sumatera Barat. (Foto: travelingyuk.com)

TAGAR.id, Jakarta - Traveling ke alam terbuka selalu menjadi pilihan yang asik. Menjelajah sembari menikmati pemandangan yang didominasi warna hijau semakin menenangkan suasana hati.

Sebuah studi yang dilaporkan Indian Express dalam The Journal of Positive Psychology mengatakan, berada di alam terbuka bahkan hanya lima menit bisa bermanfaat positif untuk suasana hati. 

Studi ini mengungkapkan bukti kuat bahwa berkontak dengan alam meningkatkan kesehatan manusia, termasuk kesejahteraan emosional

Sementara itu, sebuah penelitian Marc Berman dari University of Michigan, Amerika Serikat mengatakan keindahan alam diyakini memiliki kemampuan untuk membuat pikiran segar.

Berikut alasan yang membuat traveling ke alam terbuka baik untuk kesehatan. 

1. Meningkatkan Memori

Diuji oleh University of Michigan, mereka yang menghabiskan waktu di luar ruangan ternyata memiliki performa pada uji memori lebih baik 20 persen dari sebelum keluar ruangan. Tapi dengan syarat, perjalanan di luar harus dilakukan di sekeliling pemandangan hijau.

2. Mengurangi Stres

Mereka yang berjalan di alam terbuka juga terbukti dapat mengurangi tingkat kortisol, hormon yang menjadi indikator stres, dengan cukup signifikan daripada mereka yang terus menghabiskan waktu di perkotaan.

3. Mengurangi Peradangan Tubuh

Ketika mengalami peradangan akut, dengan menghabiskan waktu di alam terbuka bisa menjadi salah satu solusi penyembuh. Mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak di alam terbuka mengalami tingkat peradangan lebih rendah daripada yang selalu hidup di perkotaan.

4. Mengurangi Kejenuhan

Mungkin pernah dalam keadaan merasa hampa, padahal banyak aktivitas yang harus dilakukan. Para peneliti mengenal kondisi ini sebagai 'kelelahan mental'. Baiknya meluangkan waktu bersantai di lingkungan yang asri, karena keindahan alam mampu memberikan mood booster bagi setiap orang.

5. Mengurangi Depresi

Kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan lainnya bisa diringankan dengan menghabiskan waktu di alam terbuka. Apalagi kalau digabungkan dengan berolahraga.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Tips dan Trik Traveling Bersama Anak-anak
Mengajak anak-anak bepergian atau melancong menjadi kesenangan dan kepuasan sendiri bagi para orangtua.
Lama Tak Traveling? Inilah Cara Cepat Liburan Tanpa Karantina ke Singapura
Pemerintah Singapura secara resmi telah mencabut kewajiban karantina bagi semua pelaku perjalanan yang sudah divaksinasi per 1 April 2022.
6 Tips Traveling di Era New Normal yang Wajib Kamu Ketahui
Pelonggaran pembatasan sosial tentunya membuat orang-orang tidak sabar untuk melakukan perjalan wisata. Berikut tips yang harus diketahui.
0
Traveling ke Alam Terbuka Ternyata Bisa Bantu Kurangi Depresi dan 5 Hal Ini
Traveling ke alam terbuka selalu menjadi pilihan yang asik. Mau tau alasan kesehatan kenapa harus traveling ke alam terbuka.