Tips Supaya Tidur Cepat

Pola tidur yang buruk bisa memengaruhi banyak hal, lho! Mulai dari fungsi otak, kemampuan mengingat, mood, hingga emosi.
Ilustrasi Tidur. (Foto: Tagar/Barkeley)

Jakarta - Tidur yang baik dan berkualitas sangat membantu tubuh dan otakmu berfungsi secara maksimal. Beberapa orang mungkin merasa tidak kesulitan untuk mendapatkan tidur yang baik. Sementara itu, beberapa orang lainnya justru merasa sangat kesulitan.

Pola tidur yang buruk bisa memengaruhi banyak hal, lho! Mulai dari fungsi otak, kemampuan mengingat, mood, hingga emosi. Untuk mencegah dampak negatifnya, berikut adalah beberapa cara dari sumber Lemonilo agar pola tidurmu tidak kacau.


Latihan Yoga dan Meditasi

Ketika merasa stres, kita cenderung sulit tidur. Yoga dan meditasi adalah dua cara yang bisa menenangkan tubuh dan pikiran. Yoga dan meditasi terbukti ampuh atasi masalah tidur.

Yoga melatihmu untuk bernapas dan bergerak dengan tujuan melepas stres, tegang, dan setumpuk perasaan negatif lainnya. Dikutip dari Healthline, studi dan penelitian ilmiah membuktikan bahwa yoga mampu memberi efek positif pada kualitas tidur, durasi tidur, dan efisiensi tidur.

Sementara itu, meditasi mampu meningkatkan kadar melatonin dan membantu otak mencapai titik yang memudahkanmu untuk tertidur. Berlatih yoga atau meditasi mampu membuat istirahatmu lebih nyenyak dan bangun dengan energi yang baru.


Mendengarkan Musik yang Menenangkan

Musik juga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur secara signifikan. Gangguan tidur kronis seperti insomnia juga bisa diperbaiki dengan mendengarkan musik. Dirangkum dari Healthline, studi dengan melibatkan 24 orang dewasa menunjukkan bahwa musik mampu membuat tidur lebih nyenyak.

Kamu bisa memilih genre musik yang memberikan ketenangan, seperti musik yang digunakan untuk meditasi. Mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum tidur mampu membuat tidur lebih nyaman, sebagaimana dikutip dari laman Healthline.


Olahraga di Siang Hari

Olahraga di siang hari merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tidur yang sehat. Olahraga dipercaya mampu meningkatkan durasi dan kualitas tidur dengan menambah produksi serotonin di otak, serta menurunkan kadar kortisol.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu melakukan latihan fisik yang berat. Cukup latihan di taraf sedang karena latihan yang terlalu berat justru akan memperburuk kualitas tidurmu. Ketika ingin melakukan kegiatan olahraga di siang hari, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik yang tidak terlalu berat dan menantang. Alokasikan aktivitas olahraga yang berat dan menantang di pagi hari karena energimu tidak akan terbuang secara percuma.

Beberapa aktivitas fisik yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kualitas tidur adalah berlari, bersepeda, jalan kaki, dan tenis. Pilih salah satu aktivitas yang paling kamu suka dan tidak memberatkan fisik ketika harus berolahraga di siang hari.


Matikan Perangkat Elektronik

Menonton TV, bermain video game, atau menggunakan handphone bisa membuatmu semakin sulit tertidur. Perangkat elektronik memancarkan cahaya biru yang telah terbukti menekan melatonin. Oleh sebab itu, penggunaan perangkat elektronik akan membuatmu terus aktif.

Atur jadwal istirahatmu dan matikan semua perangkat elektronik di sekitarmu. Pastikan kamu tidak mendapatkan gangguan dari handphone atau TV sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman dan tenang. []


Baca juga

Berita terkait
Tips Praktis Membersihkan Jendela
Membersihkan jendela kamar bisa menjadi pekerjaan yang cukup menantang. Salah satu tipsnya adalah tidak dilakukan saat cuaca cerah.
Tips Fokus Kerja Saat Work From Home
Pandemi memaksa kita bekerja dari rumah atau Work From Home untuk cegah persebaran Covid-19. Salah satu tips agar fokus bekerja adalah tata letak.
Tips Membuat Teh Hijau Tubruk dan Trik menyeduhnya
Dalam membuat teh hijau, daunnya direndam dalam air yang suhunya tidak boleh lebih dari 90° C. Tujuannya, agar teh hijau tidak terasa pahit.
0
Tips Supaya Tidur Cepat
Pola tidur yang buruk bisa memengaruhi banyak hal, lho! Mulai dari fungsi otak, kemampuan mengingat, mood, hingga emosi.