UNTUK INDONESIA
Tips Pilih Makanan Bagi Penderita Asam Lambung
Penderita asam lambung harus memperhatikan makanan yang baik dan dihindari. Apa sajakah itu?
Ilustrasi sakit asam Lambung. (Foto: Pixabay/derneuemann)

Jakarta - Bagi penderita penyakit asam lambung pasti akan kebingungan ketika ingin memilih makanan untuk dikonsumsi. Sebab, jika salah memproduksi makanan, asam lambung dapat meningkat dan memperburuk kondisi kesehatan tubuhnya.

Sebenarnya cukup mudah memilih makanan yang akan dikonsumsi bagi mereka yang memiliki sakit asam lambung. Caranya, hanya perlu mengelompokkan sumber makanan apa saja yang baik dan tidak baik untuk kesehatan lambung.

Berikut Tagar rangkumkan tips memilih makanan yang baik bagi penderita penyakit asam lambung.

1. Makanan Kaya Protein

Makanan yang mengandung protein sangat baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Kadar protein bisa didapatkan pada makanan jenis daging dan ikan.

Dari kedua bahan tersebut tentu sangat baik dicerna oleh lambung. Namun, dianjurkan untuk memilih daging yang mengandung kaya akan protein dan juga rendah lemak. Contohnya seperti memilih daging tanpa kulit, atau disarankan mengonsumsi ikan yang penuh dengan protein di dalamnya.

2. Gandum dan Biji-bijian

Makanan yang mengandung serat tentu baik untuk tubuh dan kandungannya juga mudah dicerna oleh lambung. Jenis makanan seperti roti, sereal bisa menjadi pilihan bagi penderita asam lambung.

Selain itu, biji-bijian yang kaya akan serat seperti, beras merah, quinoa, barley, dan oatmeal juga dapat membantu melancarkan aliran makanan yang telah dicerna dalam lambung.

3. Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau sangat dianjurkan bagi penderita penyakit asam lambung. Tidak hanya itu, ternyata juga dapat menyehatkan sistem pencernaan pada tubuh.

Sayuran hijau yang bisa dijadikan pilihan seperti, brokoli, kembang kol, selada, timun, buncis, dan asparagus. Inilah sebabnya sayur-sayuran tersebut menjadi makanan yang baik untuk penderita asam lambung.

Makanan yang harus dihindari bagi penderita sakit lambung

1. Makanan Pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas memang menggiurkan dan bisa meningkatkan selera. Namun bagi penderita penyakit asam lambung hal itu perlu diperhatikan dan dihindari karena bisa membuat iritasi pada dinding lambung. 

Makanan yang masuk katagori pedas itu seperti cabai, sambal, saus, dan lada atau merica dengan kadar tinggi.

2. Makanan Asam

Makanan dengan rasa asam berlebih sangat tidak dianjurkan bagi penderita sakit lambung. Hal ini dikarenakan bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut.

Makanan yang memiliki rasa asam dapat memicu refleks asam dan juga memperburuk kondisi lambung. Misalnya, seperti makanan yang diberi cuka, asinan buah atau sayur, acar, dan masih banyak lagi.

3. Makanan Mengandung Gas

Makanan yang memiliki kadar gas tinggi sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita sakit lambung. Sebab, dapat membuat asam di dalam lambung menjadi naik dan sangat berbahaya bagi tubuh.

Contoh bahan makanan yang mengandung kadar gas tinggi diantaranya buah nangka, sayur sawi, kembang kol. 

4. Makanan Manis

Makanan manis memang bisa menggugah dan meningkatkan selera makan. Namun, jika berlebihan tidak baik dikonsumsi bagi penderita sakit lambung.

Hal ini dikarenakan makanan manis mengandung gula rafinasi yang dapat membuat lonjakan kadar insulin, sehingga dapat menyebabkan fluktuasi gula darah. Ketika gula darah meningkat, kondisi perut dengan lambung yang sakit akan timbul rasa perih. []

Baca juga:

Berita terkait
Lima Minuman Cegah Asam Lambung Saat Puasa
Berikut ini lima minuman untuk mencegah asam lambung agar perjalanan puasa pada bulan Ramadan ini menjadi lancar dan menyenangkan.
Jahe dan Empat Makanan Sehat Cegah Kanker Paru-Paru
Kanker Paru-paru masih menghantui masyarakat hingga sekarang ini, dengan cara sehat alami seperti jahe dapat mencegah risiko penyakit ini.
Lima Makanan Sehat Meredakan Stress
Cara untuk meredakan rasa stres, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik yang terbukti mampu memberikan dorongan energi.
0
Pujian Juri Pop Akademy untuk Chelsea asal Ruteng NTT
Keysilia Dwisulandi Ndagung tampil memukau nyanyikan lagu "Hanya Rindu" saat tampil di grup delapan top 40 pop Akademy Indosiar.