Tips Meredakan Nyeri Perut saat Haid

Diperkirakan hingga 20 persen perempuan mengalami nyeri menstruasi yang parah dan mengganggu.
Ilustrasi nyeri haid. (Foto: www.bustle.com/gballgiggs/Fotolia)

Jakarta - Nyeri perut saat haid atau menstruasi (period pain) sering dialami oleh perempuan. Nyeri tersebut merupakan hal yang normal.

Biasanya akan terasa kram otot yang menyakitkan di bagian perut dan tidak jarang menyebar ke punggung dan paha.


Penyebab nyeri menstruasi

Dilansir dari NHS, penyebab dari nyeri menstruasi ketika otot dinding rahim berkontraksi. Kontraksi ringan tersebut terjadi di Rahim tetapi biasanya sangat ringan. 

Selama menstruasi, dinding Rahim mulai berkontraksi lebih kuat untuk membantu lapisan Rahim luruh yang tidak dibuahi sebagai bagian dari menstruasi.

Ketika dinding Rahim tersebut berkontrasi, maka akan menekan pembulun darah yang melapisi rahim. Hal tersebut menyebbakan suplai darah dan suplai oksigen ke rahim terhambat sementara.

Karena suplai oksigen yang terhambat tersebut, jaringan di rahim akan melepaskan bahan kimia yang memicu rasa sakit.

Bersamaan dengan tubuh melepaskan bahan kimia yang memicu rasa sakit, tubuh juga memproduksi bahan kimia lain yang disebut dengan Prostaglandin. 

Bahan kimia tersebut mendorong otot rahim untuk berkontraksi lebih banyak dan akan meningkatkan rasa sakit.

Dilansir dari The Guardian, Dr Caroline Overton, seorang konsultan Ginekolog mengatakan bahwa menstruasi tidak seharusnya menganggu kehidupan sehari-hari.

Jika mengganggu akivitas sehari-hari, maka menstruasi bisa dikatakan tidak normal. Diperkirakan hingga 20 persen perempuan mengalami nyeri menstruasi yang parah dan mengganggu.

Ada beberapa sebab terjadinya nyeri menstruasi yang disebabkan oleh masalah kesehatan.

Di antaranya adalah edometriosis, fibroids, pelvic inflammatory disease, dan adenomyosis. Nyeri menstruasi juga dapat disebabkan oleh alat kontrasepsi seperti intrauterine device (IUD).


Tips mengurangi rasa sakit menstruasi

Dilansir dari The Guardian dan NHS, berikut beberapa tips beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi sakit saat nyeri haid.


Minum obat

Ibuprofen dan Aspirin dapat membantu mengurangi rasa sakit. Tapi untuk yang memiliki masalah pada perut, ginjal, atau hati, dan asma jangn meminum keduanya.

Aspirin juga tidak boleh dikonsumsi oleh mereka yang masih di bawah 16 tahun. Paracetamol dapat juga dicoba untuk mengurangi sakit saat menstruasi.

Saat meminum obat tersebut, perhatikan dosis dan pastikan meminumnya dengan dosis yang tepat.


Bubuk jahe

Dilansir dari The Guardian, pada penelitian tahun 2012, terbukti bahwa menginsumsi bubuk jahe dapat mengurangi sakit pada nyeri haid.


Berolahraga

Olahrga seperti berenang, berjalan-jalan, atau bersepda dapat membantu meringankan rasa sakit menstruasi.

Massage dan teknik relaksasi seperti yoga dan pilates juga dapat membantu mengurangi rasa sakit.

Dehidrasi dapat menyebabkan kram perut semakin parah. Oleh karena itu, pastikan tetap terhidrasi. Gunakan juga penghangat untuk meringankan kram.

Misalnya mandi dengan air hangat atau meletakkan semacam hot pack, bisa juga botol yang berisi air hangat yang dibungkus handuk untuk diletakkan pada perut.

NHS (National Health ) UK, juga menyarankan untuk stop merokok karena dianggap dapat meningkatkan risiko nyeri haid.

Demikian tips untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Jika nyeri mensturasi sangat menyakitkan atau ada pola menstruasi yang berubah, maka saatnya untuk ke dokter. []



Baca Juga

Warna Darah Haid Ungkap Kondisi Tubuh, Warna Oranye Paling Serem

4 Jenis Minuman untuk Lancarkan Siklus Menstruasi

 Bahan Alami Berkhasiat Melancarkan Haid 

 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Saat Haid 


Berita terkait
Ladies, Ini Dia Olahraga yang Boleh dan Tidak Saat Haid
Saat menstruasi biasanya muncul keluhan yang membuat wanita lebih memilih untuk istirahat atau berbaring.
Tata Cara Mandi Wajib dan Doa Setelah Selesai Haid
Tata cara mandi wajib setelah haid selanjutnya yakni mandi. Mandi seperti biasa dengan membersihkan seluruh anggota badan.
9 Kalimat yang Tidak Boleh Ditanyakan pada Wanita Haid
Menstruasi dan perempuan adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Dalam kondisi ini semua wanita pasti menjadi lebih sensitif dan mudah kesal.
0
Gempa di Afghanistan Akibatkan 1.000 Orang Lebih Tewas
Gempa kuat di kawasan pegunungan di bagian tenggara Afghanistan telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan mencederai ratusan lainnya