UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Wajah Terhindar dari Jerawat
Jerawat menjadi salah satu persoalan besar yang dikhawatirkan anak muda sekarang ini. Berikut tips merawat wajah terhindar dari jerawat.
Pepaya Potong.(Foto: healthline.com)

Jakarta - Jerawat (acne) menjadi salah satu persoalan besar yang dikhawatirkan anak muda sekarang ini, khususnya kaum hawa. Pasalnya, jerawat sangat berpengaruh pada kepercayaan diri dan penampilan seseorang. 

Jerawat disebabkan karena pori-pori kulit wajah tersumbat, sehingga menimbulkan kantong nanah yang meradang. Biasanya jerawat ditandai dengan kulit yang berminyak, kemudian muncul bintik-bintik kemerahan. 

Masalah kulit ini memang kerap kali dikeluhkan oleh semua orang karena jerawat bisa timbul di mana saja, seperti, wajah, leher, punggung, dan dada. Namun jangan khawatir, persoalan ini bisa diatasi dengan cara melakukan perawatan dengan bahan alami. 

Berikut tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin Dewi Inong Irana mengenai makanan sehat yang harus dikonsumsi untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. 

1. Tempe 

TempeTempe> (Foto: Pixabay/mochawalk)

Dokter Dewi Inong Irana menyarankan memakan tempe mentah rutin setiap pagi hari. Walau rasanya agak aneh ketika harus dikonsumsi mentah, ternyata sangat ampuh untuk merawat dan menghilangkan kulit berjerawat 

Caranya sangat mudah, cukup dengan memotong tempe mentah selebar dua jari tangan. Lalu cuci bersih dengan air matang (bukan air panas). Kemudian blender dengan air atau dimakan biasa juga boleh, tinggal menambahkan sambal atau kecap. 

Namun yang perlu diperhatikan, tempe mentah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita kanker payudara. 

2. Jus Jambu Biji

Jus Jambu BijiJus Jambu Biji. (Foto:  wikihow.com)

Jus jambu biji memang sangat menyegarkan dan menyehatkan kulit wajah. Pada segelas jus jambu terdapat vitamin A, C, B6, B3, kalium, magnesium, dan sebagainya. 

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tersebut bermanfaat mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit wajah. Bila ingin mendapatkan kulit bersih dan berseri, sebaiknya konsumsi satu buah jambu biji yang dihaluskan setiap hari. 

3. Pepaya

PepayaPepaya Potong.(Foto: healthline.com)

Dokter Dewi Inong juga menyarankan makan pepaya setiap malam hari. Buah tersebut memang sudah terkenal ampuh mengatasi jerawat. 

Vitamin E yang terkandung di dalam papaya juga dapat mencegah kerutan dan vitamin A bertanggung jawab membuat kulit halus serta mengencangkan kulit wajah. 

Caranya sangat mudah, yaitu dengan konsumsi semangkuk pepaya matang sebelum makan malam. Dengan begitu, wajah akan terhindar dari jerawat dan persoalan wajah lainnya. (Alvika Septianingrum)

Baca juga:

Berita terkait
Empat Cara Hilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis
Banyak cara menghilangkan jerawat, tetapi dengan jeruk nipis masalah itu bisa diatasi tanpa efek samping. Bagaimana caranya, berikut ulasannya.
Hapus Bekas Luka dan Jerawat di Wajah dengan Dermabrasi
Demabrasi untuk perawatan kulit wajah.
Cara Kuno Tetap Cantik dan Tampan Tanpa Jerawat
Ada dua cara kuno yang diyakini masyarakat Jawa zaman dulu dapat menjaga wajah tetap cantik dan tampan tanpa jerawat. Apa itu?
0
Antusiasme Jokowi Resmikan Jembatan Ikonik Teluk Kendari
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jembatan Teluk Kendari yang pengerjaannya sejak 2015 lalu. Ini menjadi ikonik sekaligus bermanfaat.