UNTUK INDONESIA
Tips Memilih Sunscreen Kulit Rentan Jerawat
Para perempuan harus mulai pintar memilih sunscreen khusus untuk merawat kulitnya yang rentan berjerawat. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Sunscreen untuk Wajah. (Foto: bluelizard.net)

Jakarta - Pemilihan sunscreen khusus untuk kulit rentan berjerawat tentu perlu kewaspadaan. Hal itu sangat penting dilakukan agar jerawat tidak semakin meradang. 

Penggunaan sunscreen atau tabir surya memang baik dalam mencegah kulit terhindar dari sinar Ultraviolet (UV) yang berbahaya. Bahkan, produk kecantikan ini juga bisa membuat seseorang terhindar dari kanker kulit, penuaan dini, dan hiperpigmentasi kulit. 

Berikut Tagar rangkumkan tips memilih sunscreen yang tepat khusus kulit yang mudah berjerawat.  

1. Pilih Produk yang Mudah Menyerap

Pilihlah produk dengan tekstur yang mudah menyerap ke dalam kulit, terlebih untuk jenis kulit  berminyak. Sunscreen dengan tekstur gel juga bisa digunakan karena formulanya seperti air dan mudah menyerap sepenuhnya tanpa meninggalkan bercak putih.

Untuk perlindungan maksimal, sebaiknya memakai produk dengan spektrum yang luas. Hal ini tentu dapat melindungi kulit wajah terhadap sinar UVA dan UVB yang bisa menimbulkan kerusakan hingga penuaan pada kulit.  

2. Pilih SPF 30 atau Lebih Tinggi

Pemilihan Sun Protection Factor (SPF) 30 atau lebih memang sangat penting. Sebab, hal itu menjadi bentuk ukuran perlindungan kulit dari sinar UVB. Semakin tinggi SPF, tentu kulit  wajah akan mendapatkan lebih banyak perlindungan. 

Jadi, disarankan bagi kaum hawa bisa memilih sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi minimal 30 atau lebih tinggi setiap harinya. Hal ini akan mencegah sekitar 97 persen sinar UV yang masuk.

3. Hindari Kandungan Oxybenzone dan PABA

Hindari penggunaan sunscreen dengan kandungan oxybenzone dan PABA yang bisa mengiritasi kulit, terutama yang sensitif dan rentan dengan persoalan wajah. 

Menghindari kerusakan kulit seperti jerawat, sebaiknya memilih produk dengan bahan alami yang menggunakan titanium dioksidan atau seng oksida sebagai bahan aktif. Hal ini bisa mengurangi iritasi pada kulit dibandingkan produk lainnya.

4. Pilih Produk Non-comedogenic dan Bebas Minyak

Pilihlah sunscreen yang bebas dari minyak. Produk ini membantu menjaga wajah dari minyak yang menempel.

Memilih produk non-comedogenic sebagai langkah yang tepat bagi perempuan untuk menghindari kulit wajah yang rentan berjerawat. Produk ini memang tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyumbat pori-pori.

Menggunakan tabir surya khusus badan ke wajah sangat tidak diperbolehkan. Hal ini dikarenakan formula yang dikandungnya terlalu berat dan berminyak sehingga bisa menyebabkan jerawat muncul di wajah.

5. Menggunakan Sunscreen dengan Produk Perawatan Jerawat Secara Bersamaan

Penggunaan produk perawatan jerawat dan sunscreen bisa dilakukan secara bersamaan. Namun, dianjurkan untuk mengaplikasikan produk perawatan jerawat terlebih dahulu. Setelah 20 menit, oleskan sunscreen atau tabir surya. Dengan langkah ini tentu akan membuat wajah terlindungi dari sinar UV yang berbahaya. []

Baca juga:

Berita terkait
Manfaat Buah Naga Buat Kulit Wajah Cantik Berseri
Buah naga bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja. Tetapi juga berkhasiat untuk kecantikan kulit. Berikut ulasannya.
Rahasia Khasiat Masker Alpukat untuk Wajah
Masker alpukat memiliki rahasia untuk membuat wajah lebih sehat dan terlihat cantik. Mau tahu apa saja.
Lima Pengaruh Narkoba Sabu Merusak Wajah
Narkoba jenis sabu memiliki beberapa efek yang terlihat pada kulit, khususnya pada wajah. Berikut Tagar ulas efeknya.
0
Achmad Yurianto: Gejala Corona Tak Terdeteksi Alat
Juru bicara penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan seseorang yang positif Corona belum tentu menunjukkan gejala seperti batuk dan flu.