Empat Cara Hilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis

Banyak cara menghilangkan jerawat, tetapi dengan jeruk nipis masalah itu bisa diatasi tanpa efek samping. Bagaimana caranya, berikut ulasannya.
Jeruk Nipis, (Foto: Pixabay/dennisyang988)

Jakarta - Jeruk nipis memang selalu dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, termasuk mengatasi persoalan di wajah seperti jerawat. Jerawat selalu saja menjadi permasalahan yang besar bagi semua orang, tak terkecuali bagi kaum hawa. 

Namun, sekarang ini persoalan tersebut bisa diatasi dengan jeruk nipis. Pasalnya, buah tersebut memiliki kandungan zat dan nutrisi, seperti, vitamin C, vitamin B1, minyak atsiri, asam amino, belerang, damar, glikosida dan asam sitrun yang ampuh mengusir jerawat secara alami.

Berikut Tagar rangkumkan tips menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis yang diperoleh dari berbagai sumber. 

1. Minum Jeruk Nipis

Menghilangkan jerawat juga perlu dilakukan melalui perawatan dari dalam tubuh, salah satunya minum jeruk nipis. Selain bisa mengatasi persoalan tersebut, buah berasa asam ini bisa mendetoksifikasi tubuh hingga menyediakan kolagen pada kulit.

Caranya, peras satu buah jeruk nipis ke dalam gelas dan beri air secukupnya. Kemudian, aduk hingga rata. Sebaiknya mengonsumsinya saat bangun di pagi hari setelah 20 hingga 30 menit, dan sebelum menelan apa pun. Lakukanlah secara rutin setiap hari dan rasakan kulit Anda akan lebih berseri dan jerawat akan hilang. 

2. Jeruk Nipis dan Madu

Dengan mencampurkan jeruk nipis dan madu, tentu manfaatnya juga bisa menghilangkan jerawat secara alami dan  tanpa efek samping. Bahkan juga ampuh untuk memberantas bekas jerawat. 

Di dalam madu ada zat antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Sementara, air jeruk nipis bermanfaat mengurangi minyak berlebih di wajah. 

Caranya sebagai berikut:

  • Potong jeruk nipis dan peras airnya hingga satu sendok teh. 
  • Tambahkan madu sebanyak 1 sendok teh. Lalu campurkan pada air perasan jeruk nipis dan aduk sampai merata
  • Oleskan campuran madu dan air jeruk nipis itu ke wajah, diamkan sekitar 30 menit. Kemudian, bersihkan wajah dengan menggunakan air dingin hingga bersih

Namun sebelum mengaplikasikan campuran madu dan air jeruk nipis, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dulu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

3. Jeruk Nipis dengan Yoghurt

Menghilangkan jerawat juga bisa dengan menggunakan jeruk nipis dan yoghurt. Tak perlu biaya perawatan yang mahal untuk memperoleh khasiatnya. 

Cukup melakukan beberapa langkah sederhana saja, yaitu mencampurkan satu sendok makan yoghurt dan sedikit gandum beras. Lalu, aduk sampai terlihat seperti pasta. 

Namun, terlebih dulu bersihkan wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori wajah. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata. Selanjutnya, diamkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat berulang kali. Terakhir gunakan air dingin supaya menutup kembali pori-pori wajah. 

4. Jeruk Nipis dan Putih Telur

Perasan air jeruk nipis dan putih telur juga bisa dimanfaatkan sebagai masker alami untuk menghilangkan jerawat. Cara tersebut sangat aman dan tidak berisiko buruk pada wajah. 

Langkah pertama, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu dan peras air jeruk nipis tersebut. Lalu, ambil putih telur secukupnya dan campurkan dengan perasan air jeruk nipis. Kemudian aduk rata, oleskan ke wajah yang berjerawat. 

Selanjutnya, diamkan kurang lebih 30 menit atau tunggu hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat dan bersihkan kembali menggunakan air dingin sampai bersih. [] 

Baca juga:

Berita terkait
Hapus Bekas Luka dan Jerawat di Wajah dengan Dermabrasi
Demabrasi untuk perawatan kulit wajah.
Kesehatan Tubuh Bisa Dijelaskan dari Posisi Jerawat
Kehadiran jerawat dapat mengingatkan kita tentang kesalahan yang terjadi di dalam tubuh tergantung di mana jerawat itu muncul.
Rambut Kok Menyebabkan Jerawat di Wajah?
Coba tunjuk tangan, siapa yang seringkali malas untuk keramas? Tahukah Anda, sebenarnya kebiasaan menjaga kebersihan rambut mempengaruhi wajah?
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.