Udang Selingkuh Makanan Khas Papua yang Fenomenal

Udang selingkuh makanan favorit dari Papua yang memiliki ukuran besar serta capit besar seperti kepiting
Tampilan udang selingkuh (Sumber: indonesiakaya.com)

Jakarta - Selain terkenal karena kekayaan wisata alam serta keragaman budaya, Papua juga menawarkan kelezatan kuliner yang sangat menggugah selera.Makanan di Papua terbilang unik karena memiliki citra rasa yang khas dan berbeda dari daerah yang lain. Salah satunya adalah udang selingkuh yang bisa ditemukan jika berkunjung ke Papua.

Udang selingkuh merupakan makanan favorit masyarakat di Papua dan sangat terkenal. Kuliner ini menggunakan jenis udang air tawar yang berasal dari sungai. Udang ini juga memiliki ukuran yang besar serta capit yang ukurannya hampir setara dengan kepiting, Itulah mengapa disebut udang selingkuh karena dianggap hasil perselingkuhan anatara udang dan kepiting. Udang selingkuh sendiri berhabitat di Sungai Baliem dan juga bisa ditemukan di Danau Paniai, Danau Tage, dan Danau Tigi.

goreng udang selingkuhUdang selingkuh dan juga pelengkapnya (Sumber: Indonesiakaya.com)

Kenikmatan udang selingkuh ini memang sudah tidak lagi diragukan ditambah tekstur dari udang ini mirip dengan lobster yang padat berserat. Namun, tetap lembut dan manis. Seperti udang pada umumnya seluruh bagian tubuh udang selingkuh juga dapat dimakan kecuali bagian kepala.

Dalam proses penyajian, pada umunya udang ini direbus, digoreng, dan juga dibakar. Selama dibakar biasanya ada yang menambahkan bumbu atau garam saja, dan ada juga yang tidak. Seiring berjalannya waktu, bumbu untuk memasak udang selingkuh mulai beragam ada yang menggunakan saus tiram, lada hitam, saus padang, dan juga asam manis. Jangan lupa pelengkap udang selingkuh ini yaitu, sayur kangkung, dan juga bunga papaya dijamin makin nikmat dan lezat.

udang digorengProses menggoreng udang selingkuh (Sumber: indonesiakaya.com)

Tidak perlu khawatir apabila memakan udang ini terlalu banyak, karena memiliki udang selingkuh kandungan yang baik untuk tubuh dan juga rendah kalori yaitu sekitar 106 kalori dalam 1 gram. Udang Selingkuh juga memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi, dan juga mineral. Sehingga cukup menyehatkan.

Karena ukurannya yang besar dan sulit untuk ditangkap, harga udang ini cukup mahal dimulai dari Rp 100.000 sampai Rp 300.000 per porsi. Walaupun harus mengeluarkan kocek yang lumayan, namun tentu saja kenikmatan udang selingkuh ini patut untuk dicoba (dari berbagai sumber). []

- Joevita Aurora

Lima Makanan Ekstrem di Papua yang Jarang Diketahui

Tujuh Kuliner Natal Khas Papuan yang Wajib Dicoba

Wisata Kuliner Papua: Papeda Rasa Gurih dan Kental

Sagu Lempeng dan Tiga Kuliner Khas Wamena

Berita terkait
Papeda, Makanan Sagu Khas Papua
Papeda merupakan makanan khas dari Papua yang terbuat dari tepung sagu dan memiliki banyak nutrisi dan kaya akan karbohidrat
0
Udang Selingkuh Makanan Khas Papua yang Fenomenal
Udang selingkuh makanan favorit dari Papua yang memiliki ukuran besar serta capit besar seperti kepiting