Tips Menjaga Keuangan untuk Mahasiswa

Untuk para mahasiswa mengatur uang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena belum terbiasa.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Mengatur keuangan merupakan suatu hal yang perlu dilakukan agar tidak kehabisan uang di hari yang akan datang. Mengatur keuangan juga dapat menimbulkan sifat hemat karena untuk memastikan tidak lebih besar pasak dar pada tiang. Untuk para mahasiswa mengatur uang merupakan hal yang sulit untuk dilakukan karena belum terbiasa. Berikut beberapa tips mengatur uang untuk para hamasiswa.


1. Cerdas dalam mengeluarkan uang

Cara untuk mengelola keuangan mahasiswa selanjutnya adalah dengan cerdas dalam membelanjakannya.

Kamu harus memperhatikan dengan detail pengeluaran setiap hari, minggu, dan bulannya, karena hal ini berpengaruh besar pada keuangan kamu.

Kamu bisa membayarkan uang kuliah dan biaya kost tanpa nanti-nanti, mengingat tujuan utama kamu adalah belajar, maka masalah pendidikan harus kamu utamakan terlebih dahulu.


2. Catat semua biaya pengeluaran

Setelah semua pemasukan termasuk uang saku kamu gunakan, jangan lupa untuk mencatat setiap biaya yang kamu keluarkan dalam jangka waktu sebulan. Prioritaskan catat pengeluaran yang wajib kamu dahulukan, seperti membayar uang kos (jika kamu ngekost), uang transportasi, uang kuliah, uang buku, uang makan dll. Jangan lupa catat secara rinci dan usahakan jangan sampai ada yang terlewat.


3. Berhemat dan tidak boros

Berhemat adalah salah satu kunci kesuksesan cara mengatur keuangan pribadi anak muda. Belajar berhemat harus mulai dari usia kecil, bahkan sampai tua pun tetap harus berhemat. Mengapa harus berhemat? Karena yang namanya berlebihan atau boros itu tidak baik. Baik buat keuangamu atau dirimu sendiri.

Berhemat memiliki arti yang luas sebenarnya, berhemat menurut saya sendiri yaitu tidak membeli sesuatu yang tidak kalian butuhkan serta menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak penting.

Salah satu cara berhemat contohnya memasak makanan sendiri dan makan di rumah. Jika jarak berpergian dekat jalan kaki atau bersepeda saja hitung-hitung sambil olahraga. Membawa bekal dari rumah, dan masih banyak lainnya.


4. Belajar untuk menabung

Sembari kuliah, kamu pasti sudah memikirkan banyak hal, mulai dari cita-cita, hingga keinginan untuk tidak lagi bergantung kepada pemberian orangtua.

Lagi pula, kamu tidak pernah tahu kapan musibah akan datang kan? Hal yang tidak baik bisa saja datang kapanpun, maka kamu harus senantiasa mengantisipasi hal tersebut.

Ketika mempunyai tabungan, tentu bisa kamu gunakan ketika ada kondisi yang memang benar-benar buruk.

Misalnya, ada buku yang harus kamu beli dengan jumlah yang cukup banyak. Maka, tanpa harus minta ke orangtua lagi kamu bisa memenuhi kebutuhan tersebut.[]

(Anfasya Qurratul Aini)


Baca Juga


Berita terkait
Tips Mengatur Keuangan Bagi Generasi Sandwich
Sandwich di sini adalah sebuah penggambaran dimana situasi Anda sebagai pencari nafkah yang membiayai hidup anak istri dan orangtua.
5 Kunci Sukses Mengatur Keuangan
Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengelolaan keuanganmu.
Raditya Dika Bagikan Tips Mengatur Keuangan
Di zaman sekarang kebanyakan orang tidak bisa mengontrol keuangan hanya karena gengsi dan ikut-ikutan orang lain.
0
Cara Mencaikan Dana BPJS Ketenagakerjaan
Pencairan ini diperuntukan khusus untuk kamu yang sedang dalam persiapan atau menjelang masa pensiun.