Raditya Dika Bagikan Tips Mengatur Keuangan

Di zaman sekarang kebanyakan orang tidak bisa mengontrol keuangan hanya karena gengsi dan ikut-ikutan orang lain.
Raditya Dika. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Mengelola keuangan sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari agar Anda dapat menabung dan menjaga pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan. Apalagi di zaman sekarang kebanyakan orang tidak bisa mengontrol keuangan hanya karena gengsi dan ikut-ikutan orang lain.

Raditya Dika seorang komedian sekaligus publik figur memiliki tips mengatur keuangan agar memiliki finansial yang baik. Radit memberikan beberapa tips berdasarkan teori dan pengalamannya mengatur keuangan. Berikut tips-tips mengatur keuangan ala Raditya Dika.


1. Beli barang untuk diri sendiri bukan untuk orang lain

Belilah barang karena Anda memang butuh, bukan untuk dipamerkan atau dianggap sama seperti orang lain. Banyak orang boros karena tidak membeli sesuai kebutuhan, mereka hanya membeli untuk pamer dan kesenangan sesaat untuk dilihat orang banyak.


2. Waktu adalah temen terbaik untuk investasi

Radit menyatakan bahwa investasi diperlukan agar memiliki keuangan pribadi yang sehat. Radit menyarankan untuk mempelajari instrumen-instrumen investasi dan hubungannya dengan tujuan finansial. Setiap tujuan finansial memiliki kebutuhan instrumen investasi yang berbeda.


3. Hindari membeli barang dengan cara kredit

Bagi Radit, membeli atau membayar sesuatu terasa lebih nyaman bila dibayar tunai ketimbang dibayar menggunakan kredit atau debit. Radit menyarankan hal ini agar kita lebih mengurangi biaya belanja yang tidak terlalu penting. Apalagi harus membeli mobil dengan kredit menurut Radit hal ini sangat tidak menguntungkan karena harga mobil akan turun jika dijual kembali.


4. Tidak minjam ataupun meminjamkan uang

Radit menenkankan bahwa dirinya memiliki finansial yang sehat adalah sebab prinsip pribadinya, tidak minjam ataupun meminjamkan uang. Berhutang dan mengutangi bagi Radit adalah sumber segala masalah finansial pribadi yang tidak sehat. Radit lebih menyarankan untuk menunda pembelian barang ketimbang harus berhutang atau membeli barang yang memiliki harga lebih murah. Apabila terpaksa berhutang, Radit menyarankan untuk memilih berhutang rumah atau aset yang nilainya bertambah. Selain itu, bagi Radit mengutangi orang adalah sumber kerusakan hubungan pertemanan.


5. Cari pasangan yang sehat finansial

Pasangan yang boros dan tidak sehat finansial pribadinya dapat menyebabkan seseorang dengan finansial pribadi yang sehat juga mengalami masalah finansial. Perilaku pasangan yang tidak sehat terhadap uang ini bila dibawa ke jenjang pernikahan akan menjadi sumber masalah bagi hubungan pernikahan. Banyak perceraian terjadi karena masalah finansial. [] 

(Fauzi Maulana Rizki)


Baca Juga

Berita terkait
5 Tips Bermain Saham Ala Raditya Dika
Raditya Dika seringkali dikatakan sebagai tokoh yang bijak, sehingga pola Raditya Dika main saham banyak diikuti para investor
Ragam Fakta Unik dari Raditya Dika
Walaupun awalnya hanya seorang blogger, kini Raditya Dika telah menjadi salah seorang yang paling ditunggu-tunggu karyanya di dunia hiburan.
8 Tips Produktif Ala Raditya Dika
Dilansir dari kanal YouTube Raditya Dika, berikut adalah tips menjadi produktif ala Raditya Dika yang patut kamu lakukan.
0
Ini Proyeksi BI Soal Pergerakan Rupiah Tahun Depan
Foreign Direct Investment (FDI) melalui beberapa proyek strategis nasional diharapkan sudah mulai normal kembali, atau bahkan lebih baik.