5 Kunci Sukses Mengatur Keuangan

Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengelolaan keuanganmu.
Perencanaan keuangan (Foto: Tagar/Pexels/Nataliya Vaitkevich)

Jakarta - Bukankah lebih baik jika ada formula ajaib atau trik sederhana yang bisa membuatmu tidak perlu khawatir tentang mengelola uang? Terlihat tidak masuk akal bukan? Jangan cemas. Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengelolaan keuanganmu.

Cobalah lima langkah dibawah ini agar berhasil mengelola keuangan. Jika kamu tetap berpegang pada lima kunci ini, masalah keuanganmu mungkin mulai berkurang dan kamu bisa merasakan dampak positifnya, seperti terbebas dari utang, menabung untuk masa depan, atau berinvestasi.


1. Tujuan Keuangan yang Detail

Tulislah tujuan keuangan dengan spesifik, seperti kamu pergi liburan selama sebulan ke luar negeri atau membeli properti. Semua tujuan ini bisa mempengaruhi bagaimana kamu merencanakan keuanganmu. Misalnya, tujuan untuk pensiun dini tergantung pada seberapa baik kamu menghemat uang dari sekarang.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui tujuan keuangan.

  • Tetapkan tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah atau melunasi utang. Tujuan ini terpisah dari tujuan jangka pendek.
  • Tetapkan tujuan jangka pendek, seperti mematuhi anggaran atau mengurangi pengeluaran.
  • Prioritaskan tujuan-tujuanmu untuk membuat rencana keuangan.


2. Sempurnakan Rencanamu

Rencana keuangan sangat penting untuk mencapai tujuan keuangan. Sebagai contohnya, rencana termasuk membuat anggaran bulanan, rencana pengeluaran, dan terbebas dari utang. 

Selain bekerja menuju tujuan jangka panjang, juga bisa mulai fokus pada tujuan jangka pendek yang paling penting. Apakah kamu ingin berinvestasi? Membeli rumah? Atau membangun bisnis? Ini semua bisa jadi bahan pertimbangan untuk memutuskan langkah selanjutnya.


3. Tetap Berpegang pada Anggaran

Anggaran yang sudah dibuat menjadi salah satu kunci terbesar yang bisa membantmu sukses secara finansial. Anggaran bisa membantumu untuk memutuskan bagaimana mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang penting dan menabung untuk masa depan.


4. Lunasi Utang

Utang adalah hambatan terbesar bagi banyak orang untuk mencapai tujuan keuangan. Itulah sebabnya kamu harus menghindari utang ini sebagai prioritas.


5. Jangan Takut Meminta Saran

Setelah berhasil menabung dan ingin mulai berinvestasi, jangan ragu untuk bertanya pada penasihat keuangan agar membantumu membuat keputusan investasi yang bijaksana. Penasihat yang baik akan berbagi risiko dalam setiap jenis investasi dan membantumu bertemu dengan jenis investasi yang sesuai.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Lakukan 5 Hal ini Jika Ingin Keuanganmu Aman di Akhir Tahun
Memasuki akhir tahun pastilah akan banyak godaan dari berbagai pusat perbelanjaan dan hiburan.
6 Alasan Mengapa Literasi Sangat Keuangan Penting
Untuk mencapainya bukanlah hal yang sulit, tetapi membutuhkan tekad dan kemampuan belajar yang kuat agar kamu berhasil memahaminy
Masih Sering Stres Karena Uang? Kenali Dahulu Level Keuanganmu!
Menurut Prita Hapsari Ghozie, seorang perencana keuangan, level finansial itu dibagi menjadi 5 tingkatan.
0
5 Kunci Sukses Mengatur Keuangan
Ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi pengelolaan keuanganmu.