UNTUK INDONESIA
Tips Mengusir Embun di Helm Saat Hujan
Biasanya permasalahan yang sering muncul saat berkendara sepeda motor di tengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca helm.
Ilustrasi - Naik Motor Hujan. (Foto: day auto)

Jakarta - Musim hujan sebentar lagi tiba. Sejumlah wilayah di Jabodetabek telah diguyur hujan walaupun belum deras dan merata. Siapkan jas hujan, sandal jepit, dan sebagainya untuk keperluan apabila hujan turun tiba-tiba.

Biasanya permasalahan yang sering muncul saat berkendara sepeda motor di tengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca helm.

Pengembunan terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari luar ruangan. Sehingga udara yang ada tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air akan berubah menjadi embun. 

Munculnya embun di permukaan dalam visor helm tentu akan sangat mengganggu penglihatan atau visibilitas saat berkendara. Hal ini juga berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Disarankan untuk menggunakan lensa bebas embun (fog free lens), seperti Rareli atau Pinlock. Sebaiknya pakai yang asli, karena yang palsu sudah pasti kualitasnya berbeda.

Selain itu, ada cairan lain yang bisa mengusir embun pada helm, seperti minyak kayu putih atau sabun cuci cair untuk piring yang dapat dioleskan ke kaca helm. 

Untuk minyak kayu putih, sebelum digunakan helm dijemur dulu hingga kering. Embun tidak akan menempel jika visor terlapisi zat silikon. []

Berita terkait
Supreme X Honda Bikin Aksesoris Buat Anak Motor
Supreme berkolaborasi dengan Honda merilis beberapa aksesoris motor edisi terbatas.
Honda Super Cub C125 Bakal Rilis Tahun Depan
Honda Super Cub C125 terbaru akan menggunakan sistem pengereman ABS pada bagian rem cakram depan.
Lima Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang.
0
4 DPD Golkar di Yogyakarta Sepakat Musdalub
Empat dari lima DPD Partai Golkar di Yogyakarta meminta DPP untuk segera menggelar Musdalub DPD I Partai Golkar DIY.