UNTUK INDONESIA
Lima Cara Merawat Ban Motor Agar Awet
Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang.
Ilustrsi - Ban motor. (Foto: eliasbuty/Pixabay)

Jakarta - Ban yang terpasang pada pelek menjadi hal yang paling vital pada sebuah kendaraan. Sebab, komponen inilah yang bersinggungan langsung dengan permukaan jalan (aspal) . 

Keberadaan ban pada motor atau mobil seringkali disepelekan oleh sebagian orang. Padahal apabila lalai sesuatu yang fatal dan tak diinginkan kemungkinan akan dapat menimpa Anda.

Ada beberapa tips yang bisa kita diterapkan untuk menjaga keawetan ban kendaraan. 

1. Perhatikan Tekanan Angin

Poin dasar yang tak boleh kamu sepelekan adalah memastikan kendaraan kamu memiliki tekanan yang tepat alias pas sesuai rekomendasi.

Pada dasarnya, tekanan angin pada ban tidak boleh kelebihan atau kekurangan. Ban yang yang kekurangan angin tentu saja akan membuat strukur ban tersebut mudah rusak. Sedangkan bila kelebihan angin, tapak ban terhadap permukaan jalan tidak maksimal

2. Hindari Jalanan Berlubang

Kondisi ini agak sulit dihindari di Indonesia. Sebab, masih banyak jalan yang kondisinya tidak mulus dan berlubang. Tapi, pengendara sebisa mungkin menghidari jalan berlubang. 

Sering terjadi akibat menghajar jalan berlubang dinding ban bisa rusak dan menyebabkan ban benjol. Kalau sudah begini, salah satu solusinya adalah mengganti ban yang rusak itu. 

3. Rajin Bersihkan Kerikil Ban

Jangan anggap kerikil yang terselip si sela-sela ruas ban itu tak akan menimbulkan masalah. Justru hal ini yang menjadi salah satu penyebab ban bocor. Jika dibiarkan secara terus menerus nantinya kerikil-kerikil tersebut dengan sendirinya akan tertanam di ban kendaraan.

Dianjurkan untuk mengecek kondisinya. Apabila ada kerikil yang menempel ada baiknya dibersihkan.

4. Gunakan Ban Berkualitas Baik

Jangan tergiur dengan harga ban yang murah. Tidak ada salahnya mengeluarkan kocek yang lebih tinggi, tapi kualitasnya terjamin. Selalu gunakan ban bermutu baik. Pintar-pintarlah memilih kualitas ban.

Sebelum membeli ban, perhatikan pula kondisi fisik dari karetnya. Jangan lupa juga untuk mengecek kode produksi agar ban yang dibeli belum rusak karena umur. []

Berita terkait
Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin
Kondisi sebaliknya apabila AC mobil rusak atau bermasalah maka kabin akan terasa panas di tengah kondisi lalu lintas yang macet seperti di Jakarta.
Merawat Ban Mobil Biar Awet
Keamanan dan kenyamanan berkendara dengan mengendarai mobil tergantung kondisi ban selain komponen pendukung lainnya.
Cara Merawat Radiator Agar Mobil Tetap Prima
Merawat radiator Mobil merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Radiator berfungsi sistem pendinginan kendaraan.
0
Nobel Ekonomi 2019, Penelitian Tentang SD Inpres di Indonesia
Nobel Ekonomi tahun 2019 dimenangkan tiga ekonom dari Amerika. Salah satunya mengangkat riset tentang Sekolah Dasar (SD) Inpres di Indonesia.