UNTUK INDONESIA
Tips Mengatasi Rasa Haus Selama Puasa
Rasa haus pasti sering muncul selama berpuasa. Berikut tips mengatasi persoalan tersebut agar puasa tidak batal.
Ilustrasi Puasa. (Foto: beritabawean.com)

Jakarta - Banyak hal yang menjadi tantangan dan ujian selama berpuasa di bulan Ramadan. Satu di antaranya yaitu merasa haus atau kerongkongan kering, sehingga mendorong keinginan untuk minum.

Sebagian orang lebih sulit untuk menahan rasa haus ketimbang rasa lapar saat berpuasa. Rasa haus bisa menjadi halangan nomor satu yang bisa menyebabkan puasa menjadi batal.

Namun, banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi rasa haus saat puasa. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai tips mengatasi rasa haus saat berpuasa. 

1. Jaga Suhu Tubuh Tetap Normal

Saat berpuasa, upayakan suhu tubuh tetap terjaga secara normal. Pastikan tubuh tidak merasa kepanasan. Hal demikian membantu mengatasi rasa haus yang datang saat berpuasa.

Terlebih lagi jika selama puasa tubuh menjalankan berbagai aktivitas. Apabila berkegiatan di luar, sempatkan berdiam diri di tempat teduh agar tubuh tidak merasa kehausan. 

2. Mandi Air Sejuk

Apabila tubuh sudah terasa terlalu panas, salah satu cara paling efektif untuk menurunkan suhu tubuh adalah mandi atau berendam dengan air yang sejuk. Pastikan suhu air sejuk bukan dingin.

Seharusnya suhu air di bawah suhu tubuh. Saat sudah selesai mandi atau berendam, tubuh Anda akan menanggapi dengan mengeluarkan panas untuk menghangatkan diri. Cara demikian juga mampu mengatasi rasa haus yang muncul ketika berpuasa. 

3. Tempelkan Handuk Dingin di Leher dan Pergelangan Tangan

Tips lain mengatasi rasa haus saat berpuasa adalah menempelkan handuk dingin di bagian leher dan pergelangan tangan. Sebagai contoh saat berkendara dan terlalu lama di jalan, niscaya tubuh merasa lelah dan kehausan.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, segera atasi dengan meletakkan es batu di dalam handuk tipis dan menaruhnya selama dua menit di leher dan pergelangan tangan.

Kedua anggota tubuh tersebut merupakan dua titik nadi yang bisa dipegang dan direlaksasi kapan saja di sepanjang hari. Selain itu, Anda juga dapat meletakkan handuk dingin di sekitar pangkal kepala dan leher di air yang sejuk selama 5 hingga 10 menit. 

Di area ini, ada banyak pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit dan bisa mendinginkan tubuh dengan cepat serta mengatasi rasa haus. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Agar Tubuh Kuat Puasa di Cuaca Panas
Suhu udara di awal Ramadhan sekarang ini terasa sangat panas. Berikut tips agar tubuh kuat dan fit menjalankan puasa, meski cuaca panas.
Makanan Sahur Sehat untuk Cegah Lemas Saat Puasa
Perlu asupan tertentu saat sahur agar badan tak lemas kala puasa. Dari yang praktis hingga yang dikreasikan dengan makanan lain.
Tips Mudah Menjaga Kulit Tidak Kering Selama Puasa
Selama bulan puasa, kulit cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Berikut tips mudah cegah kulit kering selama puasa.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China