UNTUK INDONESIA
Tips Mengatasi Kangen Keluarga di Kampung
Dilarang mudik karena wabah Corona, pasti masyarakat akan merasakan rindu pada keluarga. Berikut tips mengatasi kangen keluarga di Kampung halaman.
Ilustrasi Keluarga. (Foto: Pixabay/White77)

Jakarta - Dilarang mudik oleh pemerintah karena wabah Corona yang masih menyebar di Tanah Air, tentu rasa kangen pada keluarga akan memuncak dalam diri. Walau jarak memisahkan, pastikan silaturahmi dengan keluarga tidak terputus karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melepaskan rasa rindu itu. 

Berikut Tagar akan merangkum dari berbagai sumber mengenai cara mengatasi kangen pada keluarga saat pemerintah melarang mudik. 

1. Video Call

Meski mudik dilarang, Anda masih dapat menjalin silaturahmi online dengan keluarga melalui video call. Zaman teknologi yang canggih sekarang ini, silaturahmi dapat berjalan kapan saja karena hanya memerlukan smartphone dan koneksi internet. 

Melalui silaturahmi online ini, rasa kangen pada keluarga bisa teratasi. Apalagi menjelang lebaran, Anda masih bisa bermaaf-maafan dengan orang tua dan keluarga besar lainnya atau bahkan bisa bercanda tawa sepuasnya selama berjam-jam. 

Dengan cara ini tentu Anda bisa melepaskan rasa rindu kepada keluarga dan silaturahmi dengan mereka tetap terjaga. Walau tidak bisa mudik, Anda masih dapat memanfaatkan teknologi yang super canggih untuk menjalin komunikasi dengan orang-orang yang disayangi. 

2. Kirim Parsel dan Kartu Ucapan Lebaran

Dengan mengirimkan parsel atau bingkisan untuk keluarga, Anda masih bisa menunjukkan rasa sayang kepada mereka. Bingkisan itu bisa berupa sembako, peralatan makan, makanan ringan atau kue kering, dan sebagainya. 

Jangan lupa selipkan kartu ucapan lebaran dalam bingkisan parsel tersebut dan sampaikan kepada keluarga permohonan maaf tidak bisa mudik ke kampung halaman dengan kondisi saat ini. 

Bukan hanya itu saja, Anda tentu bisa menyelipkan foto atau video Anda dalam sebuah flashdisk atau USB yang bisa ditonton di leptop. Ini juga bisa mengobati dan mengatasi rasa kangen keluarga kepada Anda.

3. Manfaatkan Media Sosial

Pastikan Anda selalu terhubung dengan keluarga di media sosial. Hal ini akan membuat Anda merasa dekat dengan mereka. Dengan begitu, secara tidak langsung komunikasi tetap berjalan dan satu sama lain bisa mengetahui apa saja yang sedang dilakukan. 

Meski hanya lewat Facebook, Instagram atau Twitter, Anda masih bisa bersilaturahmi dengan keluarga. Di media sosial itu bisa saling berkirim komentar, foto atau video, bermaaf-maafan dan sebagainya. 

4. Menghubungi Keluarga Melalui Telepon

Cara ini bisa mengatasi rasa rindu pada keluarga. Melalui telepon, Anda bisa berbagi cerita pada orang tua dan mengungkapkan rasa sayang pada mereka. Hindari menghubungi keluarga hanya saat ada masalah saja atau membutuhkan solusi atas masalah yang sedang dihadapi. 

5. Menyibukkan Diri dengan Pekerjaan atau Tugas Sekolah

Kalau Anda berdiam diri saja, tentu rasa rindu pada keluarga akan semakin membesar, Akibatnya, bisa menghilangkan konsentrasi. Ada baiknya menyibukkan diri dengan mengerjakan tugas atau menyalurkan hobi. Ini tentu bisa mengalihkan pikiran sejenak dari rasa kangen tersebut. 

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti memasak menu rumahan, memainkan gitar, bernyanyi, dan sebagainya. Cara ini bisa mengendalikan pikiran Anda dari kampung halaman. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Kenyang Selama Menjalani Ibadah Puasa
Selama menjalankan puasa, tubuh harus menahan rasa lapar dan haus. Berikut tips agar tetap kenyang dan tidak merasa lapar selama puasa.
Tips Agar Kulit dan Rambut Tetap Sehat Selama Ramadan
Selama Ramadan, kulit dan rambut juga membutuhkan nutrisi agar selalu sehat dan berseri. Berikut tips menjaga kesehatan kulit dan rambut.
Tips Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik Selama Puasa
Asam lambung bisa terjadi selama puasa karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama.
0
Tips Mengatasi Kangen Keluarga di Kampung
Dilarang mudik karena wabah Corona, pasti masyarakat akan merasakan rindu pada keluarga. Berikut tips mengatasi kangen keluarga di Kampung halaman.