UNTUK INDONESIA
Tips Mempersiapkan Anak Hadapi Wabah Corona Covid-19
Indonesia 227 positif corona, 197 dalam perawatan, 11 sembuh, 19 meninggal. Berikut tips mempersiapkan anak menghadapi wabah corona Covid-19.
Ilustrasi - Memakai masker saat sakit untuk menghindarkan penularan virus. (Foto: Pixabay/iXimus)

Jakarta - Sudah 157 negara, 80 persen dari 195 negara terjangkit virus baru ini, corona Covid-19. China sejauh ini berhasil meredam penyebaran coronavirus. Jumlah penderita baru berhasil ditekan hanya belasan orang saja. China juga berhasil menekan jumlah kematian setiap hari dari ratusan selama kurun waktu 10-23 Februari menjadi sekitar 7-13 orang saja pada periode 11-14 Maret.

Dari 80.860 orang yang pernah terjangkit di China, 67.758 di antaranya telah sembuh. Dikurangi yang meninggal dunia sebanyak 3.213 orang, kini jumlah pasien yang terinfeksi tinggal 9.889 orang, terdiri dari 6.663 orang (67 persen) dalam kondisi ringan dan 3.226 orang (33 persen) dalam kondisi serius atau kritis.

Data di atas per 16 Maret 2020 pukul 13.45 WIB.

Sebaliknya, penyebaran meningkat pesat di luar China, terutama di Eropa yang menurut WHO telah menjadi episentrum pandemik. Sejak 15 Maret, jumlah yang terjangkit dan meninggal di luar China telah melampaui yang terjadi di China.

Jumlah kematian dalam empat hari terakhir mengalami lonjakan. Dari hanya 73 orang pada 1 Maret menjadi 228 orang pada 8 Maret, lalu meningkat nyaris dua kali lipat menjadi 448 orang pada 13 Maret, dan mencapai angka tertinggi sebanya 686 orang pada 15 Maret.

Sejauh ini korban meninggal terbanyak di luar China adalah Italia, 1.809 orang, Iran 724 orang, Spanyol 294 orang, Perancis 127 orang, Korea Selatan 75 orang, dan Amerika Serikat 69 orang. Data per 16 Maret 2020 pukul 13.50 WIB.

Jumlah kasus di Indonesia per Rabu, 18 Maret 2020 adalah 227 positif corona, 197 dalam perawatan, 11 sembuh, 19 meninggal.

Pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan social distancing, menjaga jarak sosial, menghindari kerumunan di tempat umum untuk mencegah penyebaran Covid-19. Anak-anak sekolah diliburkan selama dua pekan, 16-29 Maret 2020 untuk tujuan yang sama.

Berikut tips mempersiapkan anak menghadapi wabah corona seperti dilansir kawalcovid19.id.

Rencanakan dan siapkan. Latih dan biasakan tindakan pencegahan dalam keluarga.

  1. Hindari bersentuhan dengan orang yang sakit.
  2. Tutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang langsung tisu tersebut ke dalam tempat sampah.
  3. Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air kran yang mengalir selama paling sedikit 20 detik, terutama setelah dari kamar mandi; sebelum makan; dan setelah sisi/meniup hidung, batuk, atau bersin. Apabila sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer yang mengandung paling sedikit 60 % alkohol.
  4. Anak harus tinggal di rumah saat sakit, apa pun penyakitnya.
  5. Apabila anak sakit, ia harus tinggal di rumah. Hubungi dokter atau rumah sakit. Hubungi guru sekolah dan diskusikan soal tugas sekolah dan aktivitas sekolah lain yang bisa dikerjakan di rumah.

Selalu siap apabila sekolah anak diliburkan atau penitipan anak ditutup sementara.

  1. Bicarakan dengan perusahaan tempat Anda bekerja mengenai kemungkinan apabila Anda harus bekerja dari rumah atau mengambil cuti karena harus bersama dengan anak Anda di rumah.
  2. Pikirkan alternatif lain dalam hal pengasuhan anak apabila sekolah anak Anda diliburkan atau penitipan anak ditutup sementara.
  3. Ikuti terus perkembangan kapan sekolah akan dimulai kembali.
  4. Terus menjaga komunikasi dengan sekolah dan ikuti terus berita terkini dari media yang terpercaya.
  5. Diskusikan dengan pihak sekolah mengenai kemungkinan adanya alternatif belajar secara online.
  6. Meminta anak Anda untuk menghindari berkumpul di tempat umum untuk membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dalam masyarakat. []

Baca juga:

Berita terkait
Pengertian Corona Vs Covid-19
Semenjak mewabah di sejumlah negara, virus Corona dan Covid-19 selalu terdengar di telinga. Namun, apa pengertian kedua kata tersebut?
Corona dan 23 Istilah Populer yang Menyertainya
Semakin merebaknya virus Corona atau Covid-19, banyak istilah populer yang sering kali terdengar di telinga masyarakat. Berikut ulasannya.
10 Kegiatan Anak Selama Libur Corona
Gubernur DKI Jakarta meliburkan anak-anak sekolah selama 14 hari, nah ini ada 10 kegiatan yang dapat dilakukan mengisi libur.
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.