Lima Pengaruh Narkoba Sabu Merusak Wajah

Narkoba jenis sabu memiliki beberapa efek yang terlihat pada kulit, khususnya pada wajah. Berikut Tagar ulas efeknya.
Ilustrasi pemakai sabu. (Foto: Medical News Today)

Jakarta - Sabu atau methamphetamine merupakan salah satu narkotika yang sangat adiktif. Bentuk fisik dari narkoba golongan 1 ini berwarna putih, tidak berbau, pahit, dan seperti kristal. 

Penggunaan sabu dapat memberikan banyak efek negatif pada tubuh, salah satunya pada penampilan fisik. Seseorang yang terjerat narkoba biasanya memiliki perubahan kondisi kulit hingga gigi.

Perubahan yang terjadi tergantung dari banyaknya mengkonsumsi narkoba. Pasalnya, kandungan dalam narkoba jenis sabu dapat merusak sistem metabolisme tubuh.

Sabu mempengaruhi waktu tidur dan juga mengeluarkan energi berlebih. Hal-hal tersebut dapat merusak kesehatan kulit. Karena itu, dampak negatif narkoba bisa terlihat dari kulit.

“Karena sel-sel kulit butuh asupan nutrisi. Jika tidak mendapatkan itu, wajah akan terlihat lelah, kulit akan menjadi kering dan kusam, kadang ada pigmentasi. Ini di luar faktor genetik ya,” jelas dokter estetika dan pendiri Miracle Aesthetic Clinic Group, dr. Lanny Juniarti, seperti diberitakan Tempo.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber efek samping dari sabu pada tubuh, khususnya kulit wajah.

1. Kulit Memerah

Kulit memerah seperti alergi bisa muncul akibat sabu. Kondisi ini terjadi saat tubuh melawan zat yang tidak baik. Selain memerah, kulit akan terasa gatal-gatal.

2. Kulit Berjerawat

Kandungan methaphetamine dalam sabu dapat menyebabkan jerawat pada kulit. Selain itu, kandungan sabu menyebabkan ketergantungan, sehingga membuat tekstur kulit jadi rusak dan lebih mudah terinfeksi bakteri penyebab jerawat.

3. Kulit Kering dan Keriput

Bukan rahasia lagi jika mengonsumsi sabu akan membuat tubuh bekerja lebih keras. Tentunya hal ini akan membuat tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Kondisi ini ditandai dengan tekstur kulit yang kering, bahkan mulai terlihat kerutan.

4. Kulit Berubah Warna

Kekurangan air dan nutrisi bisa mengubah pigmentasi kulit. Beberapa kandungan seperti cocaine, crack cocaine, dan ritalin bisa menyebabkan permasalahan nutrisi pada tubuh, sehingga kulit bisa menjadi gelap dan kusam.

5. Munculnya Noda Hitam

Noda hitam pada kulit wajah dapat muncul akibat sinar matahari dan nutrisi yang buruk. Nah, sabu yang dikonsumsi secara rutin dapat mengakibatkan sirkulasi tubuh memburuk, sehingga noda hitam lebih gampang timbul pada kulit. []

Berita terkait
Enam Cara Alami Mengecilkan Pori-pori Wajah
Banyak cara yang dapat mengatasi persoalan pori-pori di wajah. Berikut ulasannya.
Hindari Merokok dan Lima Cara Cegah Kerutan Wajah
Kerutan atau keriput di wajah menjadi persoalan bagi kebanyakan orang, jangan khawatir berikut cara pencegahannya.
Tips Merawat Wajah Biar Cantik Seperti Siwi Sidi
Siwi Sidi pramugari Garuda Indonesia memiliki trik merawat wajah agar selalu terlihat cantik.
0
Anies Baswedan Ajak Masyarakat DKI Berhenti Merokok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh masyarakat DKI Jakarta untuk berhenti merokok agar tercipta kehidupan yang lebih sehat.