Tips Memilih Asuransi untuk Pemula

Tujuan asuransi yang utama adalah proteksi, yaitu melindungi baik, kesehatan, jiwa, keluarga hingga kendaraan.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sebagai manusia, kita tidak bisa memprediksikan apa yang akan terjadi di masa depan. Untuk bisa menghindari risiko-risiko tersebut, kamu sudah harus memiliki solusi dan mengambil keputusan yang tepat. Salah satunya asuransi. Saat ini banyak produk asuransi yang ada di Indonesia dan menawarkan berbagai macam produk.

Tujuan asuransi yang utama adalah proteksi, yaitu melindungi baik, kesehatan, jiwa, keluarga hingga kendaraan. Jika kamu masih muda dan belum mengetahui mengenai informasi asuransi, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkan informasi di media sosial, blog, maupun Youtube.



Track record perusahaan asuransi

Asuransi jiwa untuk para pemula yang pertama adalah memperhatikan track record perusahaan asuransi yang Anda pilih. Asuransi jiwa memiliki waktu pemakaian jangka panjang. Kami harus mengecek apakah keuangan perusahaan tersebut stabil dan mengecek apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak. Kami juga bisa mengecek perusahaan asuransi dari prosedur pendaftaran dan apakah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. Jangan lupa, untuk mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan juga ya.


Premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial

Asuransi untuk pemula adalah dengan cara memilih produk asuransi yang sesuai dengan kemampuan finansial. Sebagian anak muda memiliki gaya hidup yang tinggi tanpa memikirkan masa depan. Sebagian anak muda terjebak gaya hidup tinggi dan lupa untuk mempersiapkan masa depan.

Ada baiknya melakukan perencanaan keluarga yang baik. Kamu harus mempersiapkan perencanaan kesehatan dan jiwa agar tidak membebankan orang lain di masa depan. Mulai membuat alokasi anggaran premi asuransi sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai premi asuransi mengganggu keuangan kamu.


Hindari menunda membeli asuransi

Sebagian anak muda tidak membeli asuransi karena merasa tidak akan mendapatkan manfaat secara langsung. Jika membeli produk asuransi di usia tua harga preminya semakin mahal karena biasanya perusahaan asuransi mengharuskan medical check-up untuk mengecek kesehatan sebelum mendapatkan asuransinya.

Kondisi kesehatan juga bisa mempengaruhi harga premi produk asuransi. Oleh karena itu, pastikan membeli produk asuransi pada umur yang masih muda sewaktu juga masih sehat.


Pilih produk asuransi yang sesuai kebutuhan

Banyak produk asuransi mulai dari Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Pendidikan hingga Asuransi Kendaraan. Pastikan Anda memilih produk Asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Ada baiknya jangan membeli produk asuransi dengan banyak fitur tambahan yang sebenarnya tidak butuhkan karena akan membuat harga premi meningkat.

Nah, itulah tips memilih asuransi untuk pemula yang bisa dijadikan referensi.

Jangan lupa untuk memilih asuransi yang memiliki banyak manfaat. []


Baca Juga:

Berita terkait
Yuk, Kenali Jenis-jenis Asuransi Melahirkan
Dimana jika nasabah mendaftar pada bulan Mei 2022, maka harus menunggu hingga Mei 2023 , yakni masa tunggu hingga 12 bulan untuk bisa menggunakan.
Mengenal Lebih Dekat Soal Asuransi Travel dan Macam Jenisnya
Siapkan asuransi perjalanan jauh-jauh hari sebelum melakukan perjalanan, jangan sudah sampai di tempat tujuan baru mengajukan asuransi sia-sia deh.
Inilah 4 Alasan Anda Harus Punya Asuransi Pribadi
Dengan asuransi swasta, Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat pelayanan, bisa memilih rumah sakit dan dokter spesialis.
0
HGN 2021, Wamenag: Tiap Murid Mendapatkan Hak yang Sama
Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi memberikan pesan kepada seluruh guru di Indonesia pada peringatan Hari Guru Nasional 2021 untuk tidak bedakan murid.