Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan

Anda mungkin tergoda untuk memilih perusahaan asuransi berdasarkan harganya yang paling terjangkau.
Ilustrasi asuransi jiwa. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Banyak keputusan yang harus diambil ketika Anda memutuskan memilih perusahaan asuransi dan membeli asuransi jiwa. Dengan banyaknya pilihan perusahaan asuransi jiwa yang bersaing, Anda mungkin tergoda untuk memilih perusahaan asuransi berdasarkan harganya yang paling terjangkau.

Tetapi ada faktor lain yang harus Anda perhatikan selain harga, yaitu perusahaan asuransi jiwa yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan jenis asuransi jiwa yang Anda beli. Berikut cara memilih perusahaan asuransi jiwa terbaik untuk kebutuhan Anda.


1. Jangan mudah tergiur agen asuransi di harga awal

Tidak diragukan lagi harga merupakan faktor penting saat membeli asuransi jiwa. Tetapi jika Anda memilih perusahaan karena penawaran harga awal, Anda mungkin akan mendapat kejutan diakhirnya. Setelah semua informasi pribadi dan kesehatan Anda dinilai, Anda dapat menerima penawaran harga akhir yang lebih tinggi. Mungkin lebih dari yang Anda harapkan untuk dibayar. Sebaliknya, pastikan Anda mendapatkan beberapa penawaran harga dan jangan ragu untuk beralih ke perusahaan lain jika penawaran harga akhir tinggi.


2. Pilih perusahaan asuransi yang memiliki finansial kuat

Saat membeli asuransi jiwa, Anda membuat kontrak (polis) untuk jangka panjang. Karena pembayaran polis Anda mungkin akan memakan waktu beberapa dekade kedepan. Anda memerlukan perusahaan yang dapat mengatasi pasang surut ekonomi dan pasar keuangan. Perusahaan asuransi jiwa umumnya akan memposting peringkat mereka di situs web mereka, atau bertanya kepada agen asuransi Anda.


3. Jangan terburu-buru saat memilih asuransi jiwa

Pembeli asuransi jiwa permanen memiliki lebih banyak pertimbangan daripada pembeli asuransi jiwa berjangka. Pembeli asuransi jiwa permanen harus menavigasi berbagai jaminan dalam produk, memahami seberapa cepat atau seberapa lambat nilai tunai akan terbentuk, dan menangani biaya internal dengan kebijakan tersebut. Sebuah perusahaan yang menawarkan penawaran harga yang baik pada polis asuransi jiwa berjangka mungkin tidak memiliki kebijakan nilai tunai yang memberikan nilai terbaik dari waktu ke waktu.


4. Jenis asuransi yang diinginkan akan mempengaruhi pilihan Anda

Pilihan jenis asuransi jiwa Anda harus selaras dengan apa yang perlu Anda pertanggungkan , untuk berapa lama, apakah Anda menginginkan polis nilai tunai dan jika Anda menginginkannya, apa toleransi Anda terhadap risiko investasi. Tidak semua asuransi jiwa menawarkan rangkaian produk yang sama untuk tujuan ini.


5. Kondisi kesehatan menentukan asuransi yang tepat untuk Anda

Tarif asuransi jiwa untuk pemohon yang sama dapat sangat bervariasi antar perusahaan. Beberapa perusahaan telah menemukan bahwa mereka dapat memberikan harga yang lebih baik kepada orang-orang dengan kondisi medis tertentu dan tetap menguntungkan. Misalnya, beberapa perusahaan asuransi memberikan harga yang lebih baik kepada orang-orang yang merokok, atau mereka yang memiliki penyakit jantung.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga 








Berita terkait
5 Tips Memilih Asuransi Syariah Berkualitas
Berdasarkan asas yang dijalankan, asuransi syariah memiliki keuntungan sebagai salah satu jenis asuransi yang adil.
5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat Bagi Pemula
Asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki setiap individu untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga.
Jenis Asuransi Yang Cocok Untuk Milenial
Asuransi sangatlah dibutuhkan untuk perlindungan diri sendiri jika ada hal yang tidak diinginkan.
0
Tips Memilih Asuransi Jiwa yang Tepat Sesuai dengan Kebutuhan
Anda mungkin tergoda untuk memilih perusahaan asuransi berdasarkan harganya yang paling terjangkau.