Jenis Asuransi Yang Cocok Untuk Milenial

Asuransi sangatlah dibutuhkan untuk perlindungan diri sendiri jika ada hal yang tidak diinginkan.
Ilustrasi asuransi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Ternyata, asuransi tidak hanya satu dua jenis. Asuransi memiliki beberapa jenis yang relevan dengan kebutuhan kita di masa depan. Produk asuransi seringkali dianggap bukanlah hal yang fundamental. Namun siapa sangka, asuransi sangatlah dibutuhkan untuk perlindungan diri sendiri jika ada hal yang tidak diinginkan.

Permasalahannya, memilih asuransi bukanlah perkara mudah. Terutama untuk kaum milenial yang mungkin minim pengetahuan. Nah, berikut jenis-jenis asuransi yang bisa jadi daya tarik kalian generasi Z.


1. Asuransi jiwa

Asuransi jiwa memberikan perlindungan terhadap keamanan kondisi keuangan, di saat pemegang polis mengalami risiko kehilangan nyawa. Bentuk proteksi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi adalah pemberian uang pertanggungan (UP) kepada ahli waris yang ditunjuk oleh pemegang polis.

Risiko meninggal bagi generasi milenial, secara statistik sangat mungkin lebih kecil dibandingkan risiko yang membayangi generasi yang lebih senior. Namun yang perlu diingat, generasi milenial akan mendapatkan keuntungan jika memiliki asuransi jiwa di usia muda. Mengingat, perusahaan asuransi akan membebankan premi yang lebih murah untuk kelompok yang memiliki risiko lebih rendah.


2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang menyediakan penggantian pengobatan jika peserta jatuh sakit. Risiko kesehatan yang membayangi anak muda, terutama generasi milenial, juga datang dari gaya hidup yang cenderung tidak sehat, seperti pola makan yang monoton. Faktor gaya hidup bisa menyebabkan penyakit berisiko berat, seperti stroke, hingga gangguan kesehatan yang tak fatal namun menguras biaya, seperti kerusakan gigi.


3. Asuransi perjalanan

Bagi kaum milenial yang memiliki mobilitas tinggi, asuransi perjalanan patut masuk dalam daftar asuransi yang harus dimiliki. Di masa kini, asuransi perjalanan memiliki beragam fitur manfaat yang mencakup penggantian biaya terkait medis yang wajar dikeluarkan, penggantian barang hilang/perbaikan barang yang rusak, serta biaya terkait gangguan perjalanan. Jadi, asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial yang bisa muncul apabila si pemegang polis mengalami risiko di saat melakukan perjalanan.


4. Asuransi kerugian

Generasi milenial yang sudah berharta, wajib memiliki asuransi kerugian. Ini adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kerugian finansial akibat risiko kehilangan atau kerusakan barang yang dimilikinya.

Bank atau multifinance akan mensyaratkan debiturnya untuk memiliki asuransi kerugian atas barang yang mereka biayai. Masa perlindungan asuransi atas barang yang dibeli secara kredit, baik rumah maupun kendaraan bermotor, biasanya sama dengan masa kredit.

Namun, risiko kerugian, baik karena kehilangan atau kerusakan, tetap akan ada selama Anda memiliki barang tersebut. Karena itu, jangan lupa melindungi properti atau kendaraanmu dengan asuransi kerugian.

Selama ini, mungkin asuransi dianggap suatu kegiatan untuk yang sudah tua saja. Padahal, asuransi memiliki segudang manfaat untuk membantu kita di kemudian hari. Bekerja untuk memenuhi tujuan keuangan memang penting. Tetapi melindungi diri dari risiko yang bisa mencegah kamu mencapai tujuan keuangan juga tak kalah penting. Ayo, mulai tentukan asuransi yagn cocok untuk dirimu.

(Vidiana Lihayati)


Baca Juga








Berita terkait
Wapres: Industri Asuransi Syariah Tingkatkan Nilai Halal
Industri asuransi syariah nasional juga harus terus mempersiapkan diri, lebih kompetitif, dan lebih efisien dan mampu bersaing.
Perusahaan Asuransi Tolak Risiko Bencana Banjir Jerman
Perusahaan asuransi menolak risiko karena bencana banjir di Jerman, pengelola panti orang dengan disabilitas kebingungan
Grab Financial Luncurkan Asuransi Penyakit Kritis "Sobat Proteksi"
Grab Financial Group (GFG), mengumumkan peluncuran Sobat Proteksi, produk asuransi penyakit kritis pertama di Indonesia.
0
Jenis Asuransi Yang Cocok Untuk Milenial
Asuransi sangatlah dibutuhkan untuk perlindungan diri sendiri jika ada hal yang tidak diinginkan.