UNTUK INDONESIA
Tips Memilih Pembersih Wajah untuk Remaja
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Eddy Karta mengajak remaja selektif memilih produk pembersih wajah.
Konferensi pers Senka Usung Inovasi Micro Dense Foam untuk Wajah Bersih dan Lembab di The Maj, Senayan, Selasa, 18 Februari 2020. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)   

Jakarta - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Eddy Karta mengatakan remaja yang sudah menginjak usia 18 sampai 20 tahun sangat rentan pada persoalan kulit wajah, seperti jerawat hingga komedo. Sehingga, mereka harus selektif memilih produk pembersih wajah. 

Hal itu dikatakan oleh dr Eddy Karta dalam konferensi pers "Senka Perfect Whip Usung Inovasi Micro Dense Foam untuk Wajah Bersih Maksimal" yang diadakan di The Maj, Senayan, Selasa, 18 Februari 2020.

Jerawat itu timbul akibat kulitnya merah, dan terlalu kering, jadi hentikan dulu pemakaiannya.

"Pakai pembersih di pasaran juga boleh, tetapi kalau untuk pertama kali coba pilih yang buat kulit gentle," kata Eddy kepada Tagar, Selasa, 18 Februari 2020.  

Kata Eddy, jika salah dalam memilih produk pembersih muka bisa menimbulkan efek samping yang berakibat pada kerusakan wajah. Namun, mencegah dampak buruk tersebut, para remaja diharuskan menyesuaikan produk tersebut dengan jenis kulit. 

Aktris Yuki KatoAktris Yuki Kato saat mencoba produk Senka Perfect Whip. (Foto: Tagar/Rivaldi Dani Rahmadi)

"Kulit kering dulu, habis itu jadi jerawat beruntusan. Jerawat itu timbul akibat kulitnya merah, dan terlalu kering, jadi hentikan dulu pemakaiannya," ujar dia.  

Jika mengalami efek samping saat dalam pemilihan produk pembersih muka, dia menyarankan pada semua remaja agar tidak terburu-terburu melakukan tindakan yang bisa berakibat fatal terhadap kerusakan wajah.

"Pakai penenang dulu seperti aloevera atau minyak zaitun. Begitu udah tenang nanti jerawatnya berkurang, terus baru pilih pembersih yang agak lembut, ada kok pembersih untuk kulit sensitif, pilih itu dulu," tuturnya.   

Sementara, aktris Yuki Kato juga mengajak remaja untuk cerdas memilih produk pembersih muka sebelum diaplikasikan ke kulit wajah. Hal itu bertujuan menghindari dampak buruk yang akan ditimbulkan kedepannya. 

"Ini baik untuk cowok atau cewek, menurut aku pertama kenali dulu kulit wajahmu seperti apa, terus liat review dari teman-teman maupun internet, habis itu cobain deh," ucap Yuki Kato kepada Tagar. []  

Baca juga:

Berita terkait
Tips Memilih Sunscreen Kulit Rentan Jerawat
Para perempuan harus mulai pintar memilih sunscreen khusus untuk merawat kulitnya yang rentan berjerawat. Berikut ulasannya.
Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung
Jerawat di punggung tidak boleh diabaikan dan perlu diatasi dengan sebaiknya-baiknya. Berikut penyebab dan cara hilangkan persoalan kulit tersebut.
Lima Kebiasaan Memicu Timbulnya Jerawat
Jerawat selalu menjadi permasalahan yang mengganggu, apa saja pemicu dari masalah yang kerap timbul ini?
0
Lesty Kejora Dituduh Sombong, Nassar Angkat Suara
Lesty Kejora dianggap sombong oleh warganet. Namun hal itu dibantah penyanyi dangdut senior, Nassa Sungkar.