UNTUK INDONESIA
Tips Makan Sahur agar Kuat Tahan Lapar dan Haus
Sejumlah makanan sahur juga memiliki kasiat untuk "menjaga" mereka yang puasa tak merasa lapar dan haus. Silakan mencoba,
Ilustrasi Puasa. (Foto: beritabawean.com)

Jakarta - Selama berpuasa  sebagian orang mungkin membutuhkan perjuangan melawan lapar, haus, dan rasa lemas. Sehingga, untuk itu sangat penting memperhatikan menu yang dikonsumsi agar nutrisi yang dibutuhkan tubuh tercukupi.

Setelah sahur, umat Islam, yang berpuasa seperti sekarang,   akan menjalani ibadah puasa selama seharian penuh. Untuk itu, makan sahur tidak boleh sembarangan agar puasa bisa berjalan dengan lancar.

Dilansir dari Arab News, berikut Tagar berikan ulasan mengenai pilihan makanan yang bisa membantu tubuh tetap bugar selama berpuasa menurut pelatih fisik dan nutrisi di Dubai, Devinder Bains.

1. Mencukupi Protein

Protein memiliki kadar kalori lebih rendah daripada lemak dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna dibandingkan karbohidrat.

Sehingga nutrisi tersebut menjadi pilihan yang tepat agar rasa kenyang bertahan lebih lama.

Berbagai pilihan makanan mengandung protein, Devinder menyarankan untuk mengonsumsi telur, ikan, ayam, kalkun, yogurt Yunani, bubur tahu atau bubur quinoa.

Untuk mengatasinya, buatlah menu sederhana saja untuk dikonsumsi saat sahur namun tetap bernutrisi.

Namun, jika tak terbiasa makan padat dalam porsi banyak di pagi hari, Anda bisa menambahkan protein shake.

2. Hindari Junk Food

Menghindari junk food sangat pentin untuk menjaga rasa lapar dan haus saat berpuasa seharian penuh. Ini karena makanan satu ini memiliki kadar garam yang tinggi seperti daging olahan sehingga menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dan nantinya bisa membuat rasa haus cepat menghampiri.

Selain itu, makanan tinggi gula seperti croissant dan sereal memiliki nutrisi yang rendah sehingga membuat rasa lapar lebih cepat.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan lemak sehat, seperti alpukat dan salmon guna memperlambat pencernaan saat puasa.

3. Tetap Terhidrasi

Ketika sahur mencukupi asupan air sangat penting, disarankan mengonsumsi makanan sehat kaya air seperti mentimun, bayam, tomat, dan jeruk.

Selain itu, bisa juga menambahkan jus (tanpa tambahan gula) dan protein shake yang dicampur air tepat menjelang makan sahur.

Mengonsumsi olahan minuman tersebut di waktu terakhir sebelum imsak merupakan hal terbaik agar bisa menahan lapar lebih lama.

Dianjurkan untuk menghindari kopi karena bisa memicu tubuh mengalami dehidrasi.

4. Mempersiapkan Makanan Sebelum Tidur

Sebaiknya menghindari bangun lebih awal untuk memasak makanan sahur.

Untuk mengatasinya, buatlah menu sederhana saja untuk dikonsumsi saat sahur namun tetap bernutrisi.

Telur GorengSelain kaya akan gizi, telur juga memiliki kandungan protein tinggi yang dapat menghasilkan energi untuk menjalani aktivitas selama berpuasa. (Foto: Pixabay/Beetle)

Misalnya, rebus telur malam sebelumnya lalu tambahkan ke roti gandum atau campur overnight oatmeal (oat dan air atau susu), lalu masukkan ke dalam lemari es dan tambahkan buah di pagi harinya.

Cara ini juga berlaku untuk mengolah smoothie, cukup mencampurkan bahan malam sebelumnya.[]

Berita terkait
Tips Mudah Menjaga Kulit Tidak Kering Selama Puasa
Selama bulan puasa, kulit cenderung mengalami dehidrasi lebih cepat dari biasanya. Berikut tips mudah cegah kulit kering selama puasa.
5 Tips Sandiaga Uno Agar UMKM Kuat Hadapi Covid-19
Sandiaga Uno membeberkan lima tips bagi UMKM agar tetap kuat menghadapi pandemi Covid-19
Tips Menghilangkan Cegukan Saat Berpuasa
Sebagian orang pasti pernah mengalami cegukan saat berpuasa. Berikut tips menghilangkan cegukan saat berpuasa.
0
Tips Makan Sahur agar Kuat Tahan Lapar dan Haus
Sejumlah makanan sahur juga memiliki kasiat untuk "menjaga" mereka yang puasa tak merasa lapar dan haus. Silakan mencoba,